Perbedaan self esteem dalam pemakaian jilbab syar’i dan jilboobs pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang

Main Author: Frahike, Inggrit
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10367/1/SKRIPSI%20FUL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10367/
ctrlnum 10367
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10367/</relation><title>Perbedaan self esteem dalam pemakaian jilbab syar&#x2019;i dan jilboobs pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang</title><creator>Frahike, Inggrit</creator><subject>152 Perception, movement, emotions, drives</subject><subject>297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)</subject><description>Self Esteem di dalam psikologi sering diterjemahkan sebagai harga diri dan didefinisikan sebagai penilaian seseorang terhadap diri sendiri, baik positif maupun negatif. Harga diri (self esteem) pada individu dapat dinilai melalui gaya berpakaian, salah satunya dalam mengenakan jilbab yang dilakukan oleh mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang. Mahasiswi yang menempuh pendidikan tersebut harus memiliki kesan tertentu pada cara berpenampilan dikarenakan FEBI merupakan salah satu jalur pendidikan yang memenuhi kebutuhan pada bidang ekonomi khususnya sektor perbankan nasional.&#xD; Setiap mahasiswi memiliki gaya berjilbab yang berbeda dan dapat mempengaruhi tingkat harga diri (Self Esteem)nya, sehingga akan terlihat perbedaan self-esteem dari setiap mahasiswi yang menggunakan jilbab di lingkungan sekitar kampus. &#xD; Jenis Penelitian ini merupakan lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis perbedaan Self Esteem antara mahasiswi yang mengenakan jilbab syar&#x2019;i dan jilboobs di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang. Metode analisa dalam penelitian ini adalah komparatif yang dianalisis menggunakan Independent t-test. &#xD; Sampel penelitian ini merupakan mahasiswi dari jurusan Ekonomi Islam, Akuntansi Syariah, Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang yang berjumlah 100 orang dengan masing-masing grup sebanyak 50 orang. Pengambilan sampel tersebut menggunakan purposive sampling, dengan populasi berasal dari seluruh mahasiswi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang dari angkatan tahun 2016/2017-2017/2018 yang berjumlah 771 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, penyebaran instrumen skala dan metode analisis data yang dibantu dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 18.0 for windows.&#xD; Hasil penelitian ini menujukkan thitung sebesar 6.587 dengan taraf signifikansi p= 0.000, yang mana (p&lt; 0.01). Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan.&#xD; Hasil tersebut menunjukkan bahwa harga diri (Self Esteem) mahasiswi yang menggunakan jilbab syar&#x2019;i berada pada kategori tinggi dibandingkan mahasiswi yang menggunakan jilboobs. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiwi yang menggunakan jilbab syar&#x2019;i memiliki sikap penerimaan diri dan kepercayaan diri yang tinggi terhadap diri sendiri dibandingkan mahasiwi yang menggunakan jilboobs</description><date>2019-07-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10367/1/SKRIPSI%20FUL.pdf</identifier><identifier> Frahike, Inggrit (2019) Perbedaan self esteem dalam pemakaian jilbab syar&#x2019;i dan jilboobs pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>10367</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Frahike, Inggrit
title Perbedaan self esteem dalam pemakaian jilbab syar’i dan jilboobs pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang
publishDate 2019
topic 152 Perception
movement
emotions
drives
297.39 Other Practices (Incl. Halal Food
Syirik
Munafiq)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10367/1/SKRIPSI%20FUL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10367/
contents Self Esteem di dalam psikologi sering diterjemahkan sebagai harga diri dan didefinisikan sebagai penilaian seseorang terhadap diri sendiri, baik positif maupun negatif. Harga diri (self esteem) pada individu dapat dinilai melalui gaya berpakaian, salah satunya dalam mengenakan jilbab yang dilakukan oleh mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang. Mahasiswi yang menempuh pendidikan tersebut harus memiliki kesan tertentu pada cara berpenampilan dikarenakan FEBI merupakan salah satu jalur pendidikan yang memenuhi kebutuhan pada bidang ekonomi khususnya sektor perbankan nasional. Setiap mahasiswi memiliki gaya berjilbab yang berbeda dan dapat mempengaruhi tingkat harga diri (Self Esteem)nya, sehingga akan terlihat perbedaan self-esteem dari setiap mahasiswi yang menggunakan jilbab di lingkungan sekitar kampus. Jenis Penelitian ini merupakan lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis perbedaan Self Esteem antara mahasiswi yang mengenakan jilbab syar’i dan jilboobs di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang. Metode analisa dalam penelitian ini adalah komparatif yang dianalisis menggunakan Independent t-test. Sampel penelitian ini merupakan mahasiswi dari jurusan Ekonomi Islam, Akuntansi Syariah, Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang yang berjumlah 100 orang dengan masing-masing grup sebanyak 50 orang. Pengambilan sampel tersebut menggunakan purposive sampling, dengan populasi berasal dari seluruh mahasiswi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Walisongo Semarang dari angkatan tahun 2016/2017-2017/2018 yang berjumlah 771 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, penyebaran instrumen skala dan metode analisis data yang dibantu dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 18.0 for windows. Hasil penelitian ini menujukkan thitung sebesar 6.587 dengan taraf signifikansi p= 0.000, yang mana (p< 0.01). Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa harga diri (Self Esteem) mahasiswi yang menggunakan jilbab syar’i berada pada kategori tinggi dibandingkan mahasiswi yang menggunakan jilboobs. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiwi yang menggunakan jilbab syar’i memiliki sikap penerimaan diri dan kepercayaan diri yang tinggi terhadap diri sendiri dibandingkan mahasiwi yang menggunakan jilboobs
id IOS2754.10367
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2020-01-03T02:57:00Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:25Z
recordtype dc
_version_ 1765821528619876352
score 17.538404