Strategi peningkatan kualitas pelayanan kepada anggota pada KSPPS BMT Al-Hikmah Garan cabang Bawen
Main Author: | Alawiyah, Tutie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10179/1/FULL%20TA%20TUTIE%20ADA%20STEMPEL%20BUAT%20DI%20CD.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10179/ |
Daftar Isi:
- KSPPS BMT Al – Hikmah Ungaran merupakan sebuah lembaga keuangan yang mana sistem operasionalnya berdasarkan prinsip syariat Islam. KSPPS ini lahir sebagai salah satu solusi alternatif di kalangan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya, dengan prinsip memberikan kemudahan dalam bertransaksi sesuai syariah. Perkembangan zaman yang semakin maju dari waktu ke waktu, teknologi yang semakin canggih dan menyebar luas dari perkotaan sampai ke perdesaan. Berkembanglah Koperasi BMT Al – Hikmah Ungaran dan terbentuknya Kantor – kantor cabang yaitu di Gunung Pati, Babadan, Bandungan, Karang Jati dan Bawen. BMT Al – Hikmah ini dalam transaksi nya sudah berbasis online dengan tujuan memudahkan pengelola dan anggota dalam bertransaksi serta agar kegiatan transaksi yang dilakukan menjadi efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana strategi peningkatan kualitas pelayanan kepada anggota pada KSPPS BMT Al – Hikmah Ungaran Cabang Bawen (2) Apa hambatan – hambatan strategi peningkatan kualitas pelayanan kepada anggota pada KSPPS BMT Al – Hikmah Ungararan Cabang Bawen. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam Tugas Akhir adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang secara langsung dapat diperoleh data – data dari lapangan. Dengan tempat penelitian di BMT Al – Hikmah Ungaran Cabang Bawen. Sedangkan metode yang penulis gunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Stretegi peningkatan kualitas pelayanan sangat diperlukan. Pelayanan yang baik akan menumbuhkan instansi yang semakin maju. Namun ada hambatan yang terjadi pada BMT Al – hikmah yaitu permasalahan tertundanya transaksi online yg menyebabkan tidak dapat menginput data anggota yang ingin menabung dan pembiayaan.