Pengaruh pengetahuan produk perbankan syariah dan tingkat religiusitas terhadap keputusan menabung di bank syariah studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang

Main Author: Hasna, Farah Annida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10149/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10149/
Daftar Isi:
  • Bank syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatan operasionalnya berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam, dimana operasional dan produknya dikembangkan berdasarkan landasan al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW. Prinsip utama bank syariah itu sendiri adalah larangan atas riba pada semua jenis transaksi. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang sudah mengetahui mengenai produk-produk perbankan syariah beserta keuntungan-keuntungan yang ada didalamnya serta telah mengakui akan keharaman hukum riba. Akan tetapi, karena faktor dari fasilitas bank syariah yang belum memumpuni dibandingkan dengan bank konvensional, menyebabkan para mahasiswa enggan untuk mengalokasikan semua uang yang mereka miliki dari bank konvensional ke bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh pengetahuan produk perbankan syariah dan tingkat religiusitas terhadap keputusan menabung dibank syariah. Penelitian ini menggunakan 100 responden mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang sedang atau pernah menjadi nasabah bank syariah. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran yaitu skala Likert dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan metode analisa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R Square) dan uji regresi berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunujukkan bahwa pengetahuan produk perbankan syariah dan tingkat religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung dibank syariah. Nilai t hitung variabel Pengetahuan Produk Perbankan Syariah sebesar 6,518 dan variabel Tingkat Religiusitas sebesar 2,560 yang lebih besar dari nilai t tabel yaitu 1,983. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian lanjutan dengan meneliti faktor-faktor lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi keputusan menabung dibank syariah sehingga bisa memberikan nilai yang lebih tinggi serta dapat menghasilkan gambaran yang lebih luas terhadap permasalahan yang diteliti.