Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen studi kasus pada UKM Bandeng Rozal Kelurahan Bandengan Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal

Main Author: Murtiawati, Mawadah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10130/1/SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10130/
Daftar Isi:
  • Pada era globalisasi ini banyak persaingan usaha dalam bentuk bisnis kecil (UKM) sehingga harus dihadapi dengan kesiapan yang matang untuk dapat bersaing dengan tetap memperhatikan kualitas produk dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen UKM Bandeng Rozal. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 100 konsumen yang diperoleh dengan menggunakan simple random sampling, dan diukur dengan skala liket kemudian dilakukan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2), sedangkan pengolahan datanya menggunkan SPSS 23. Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh regresi linier berganda Y = 20,145 + 4,096 X1 + 3,218 X2. Hasil penelitian menujukkan bahwa koefisien determinasi terlihat pada nilai R Square sebesar 0,054 yang berarti bahwa yang mempengaruhi loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen yaitu kualitas produksi dan kualitas pelayanan sebesar 54% dan sisanya 46% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitan ini. Secara persial berdasarkan hasil uji t variabel-variabel dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa secra simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.