Pengaruh tingkat margin dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah tahun 2016-2018 studi kasus PT. BPRS Suriyah Cabang Semarang

Main Author: Zunaini, Anindya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10122/1/anindyaEDITq.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10122/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh tingkat margin dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah. Peneliti menggunakan 80 data responden nasabah pembiayaan murabahah di BPRS Suriyah KC. Semarang pada populasi nasabah pembiayaan murabahah pada tahun 2016-2018. Data yang dikumpulkan tersebut menggunakan teknik pengukuran skala Likert dan dokumentasi serta menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel reponden dengan bantuan SPSS 16.0. Penelitian ini dianalisis dengan teknik pengujian dengan metode analisa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R Square), uji regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada uji T diperoleh bahwa pengaruh tingkat margin dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah tahun 2016-2018 di BPRS Suriyah. Nilai t hitung variabel tingkat margin t hitung sebesar 6,469 > t tabel 2,287 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 serta variabel tingkat kualitas pelayanan t hitung sebesar 7,805 > t tabel 2,287 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pada uji F tingkat margin dan kualitas kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah pada tahun 2016-2018 di BPRS Suriyah dilihat dari F hitung > F tabel dengan nilai 130.955 > 3.11 dan nilai probabilitas value (taraf signifikan) sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian dalam pengujian koefisien determinasi (R Square) menunjukan bahwa kedua variabel independen dimana tingkat margin (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu minat nasabah pada pembiayaan murabahah senilai 0,773 atau 77,3% yang dapat diartikan bahwa terdapat adanya pengaruh dari variabel tingkat margin dan kualitas pelayanan dan sisanya senilai 22,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan variabel dan indikator lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi minat nasabah pada pembiayaan murabahah sehingga dapat menghasilkan nilai yang lebih tinggi serta dapat memberikan gambaran yang lebih luas terhadap permasalahan yang diteliti.