Pengaruh gaya hidup hedonisme dan kecerdasan emosional terhadap minat belanja online mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang
Main Author: | Soraya, Mia Rahmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10104/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10104/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang perubahan gaya hidup dan pola pikir individu yang tidak bisa diabaikan seiring perkembangan jaman dan tekhnologi sehingga memberikan pengaruh terhadap belanja online yang telah menjadi gaya hidup individu modern. Hal ini diperkuat dengan mobilitas individu yang semakin tinggi sehingga mempengaruhi konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh gaya hidup hedonisme dan kecerdasan emosional terhadap minat belanja online mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tekhnik pengumpulan data melalui penyebaran angket (kuesioner) dengan sampel berjumlah 84 responden. Analisis data meliputi uji normalitas, uji heterokedasitas, uji multikolinearitas serta analisis regresi berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinan (R2). Semua data memenuhi kriteria pengujian yang digunakan.Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,689. Angka tersebut dapat disimpulkan bahwa 68,9% minat belanja online mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Walisongo dapat dijelaskan oleh kedua variabel independent. Sedangkan 31,1% dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup hedonisme (X1) dan kecerdasan emosional (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belanja online (Y) pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang masing-masing dengan nilai koefisien 0,453 untuk variabel gaya hidup hedonisme dan 0,424 untuk variabel kecerdasan emosional.Pengaruh paling besar terhadap minat belanja online adalah gaya hidup hedonismedengan nilai koefisien 0,453 dan signifikan 0,000.