Implementasi strategi pemasaran kereta api sebagai sarana transportasi unggulan studi kasus PT. KAI DAOP IV Semarang
Main Author: | Khoiriyah, Miftakhul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10082/1/FULL%20SKRIPSI.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10082/ |
Daftar Isi:
- Strategi pemasaran tidak hanya diterapkan pada produk barang akan tetapi juga pada produk jasa, demikian juga pada kereta api di Indonesia dan khususnya PT. KAI DAOP IV Semarang membutuhkan strategi pemasaran. Penentuan strategi pemasaran didasarkan atas analisis lingkungan dan internal perusahaan melalui analisis keunggulan dan kelemahan perusahaan, kesempatan dan ancaman yang dihadapi perusahaan dari lingkungannya. Sebagai rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi strategi pemasaran kereta api PT. KAI DAOP IV Semarang? Hambatan-hambatan apa saja yang terjadi dalam implementasi strategi pemasaran kereta api PT. KAI DAOP IV Semarang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil interview dengan pegawai di PT. KAI DAOP IV Semarang, pengguna/penumpang kereta api yang dikelola PT. KAI DAOP IV Semarang, kepala bidang pemasaran, dan pihak-pihak yang berhubungan dengan strategi pemasaran kereta api sebagai sarana transportasi unggulan yang dikelola PT. KAI DAOP IV Semarang. Data sekunder adalah buku-buku, jurnal penelitian, artikel dan majalah ilmiah yang berkaitan skripsi. Metode pengumpulan data dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran kereta api PT. KAI DAOP IV Semarang, yaitu dengan menggabungkan teori dan konsep strategi pemasaran konvensional, dan strategi pemasaran Islami yang terdiri atas tiga hal pokok pertama, penerapan karakteristik pemasaran yang Islami; kedua, penerapan etika bisnis yang Islami; ketiga, mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW,seperti jujur,amanah, dan dapat di percaya. Karakteristik pemasaran Islami yang diterapkan PT. KAI DAOP IV Semarang adalah ketuhanan (tauhid), akhlak, realistis, humanistis. Adapun etika bisnis Islami yang diterapkan PT. KAI DAOP IV Semarang yaitu transportasi Kereta Api yang nyaman, halal dan thoyyib yang dapat memuaskan masyarakat. PT. KAI DAOP IV Semarang mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW mulai dari segmentasi dan targeting, positioning, sampai bauran pemasaran (marketing mix). Hambatan-hambatan dalam implementasi strategi pemasaran kereta api PT. KAI DAOP IV Semarang adalah sebagai berikut: dari aspek internal adalah sumber daya manusia yang kurang produktif ( seperti kurang kretif dan inovatif), dan kurangnya dukungan sarana-prasarana, sedangkan faktor eksternal adalah dana operasional dari pemerintah yang kurang mencukupi. Faktor pendukung perkembangan kualitas pelayanan PT Kereta Api dari internal adalah peningkatan teknologi informasi dan ketersediaan fasilitas. Sedangkan dari eksternal adalah adanya pengakuan kereta api sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan.