Strategi pemasaran produk simpanan wadiah di KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Jepara

Main Author: As'at, Zoana Irmanis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10076/1/full%20skripsi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10076/
Daftar Isi:
  • Koprasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT NU Sejahtera cabang Jeprara salah satu KSPPS yang melakukan kegiatan penghimpunan dana berupa produk simpanan wadiah. KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Jeprara guna meningkatkan jumlah nasabah dalam produk simpanan wadiah, dalam hal ini menerapkan strategi pemasaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran pada produk simpanan wadiah dalam meningkatkan jumlah nasabah di KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Jeprara dan bagaimana penerapan strategi pemasaran terhadap peninggakatan pada produk simpanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk simpanan wadi’ah dalam meningkatkan jumlah nasabah di KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Jeprara dan untuk mengetahui dampak dari penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk simpanan wadiah. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan diperkaya dengan data kepustakaan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan sumber data yaitu primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa strategi pemasaran produk simpanan wadiah yang dilakukan KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Jeprara dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu menggunakan Segmentasi, Targeting dan Positioning. Selain itu, dalam memasarkan produknya diterapkan strategi bauran pemasaran(marketing mix) yang terdiri atas 4P yaitu Strategi Product (produk), Strategi Price (harga), Strategi Place (tempat/saluran distribusi) dan Strategi Promotion (promosi) yang menggunakan periklanan (advertising) dan promosi penjualan (personal selling) dengan menerapkan strategi jemput bola.