PERANCANGAN MEDIA VISUAL EVENT SOSIALISASI SEJARAH KEHIDUPAN YANG DIADAKAN MUSEUM GEOLOGI DI KABUPATEN NGADA

Main Author: RADEN DION DHIRASATWIKA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual , 2014
Subjects:
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/65691/perancangan-media-visual-event-sosialisasi-sejarah-kehidupan-yang-diadakan-museum-geologi-di-kabupaten-ngada.html
ctrlnum 14.04.1028
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PERANCANGAN MEDIA VISUAL EVENT SOSIALISASI SEJARAH KEHIDUPAN YANG DIADAKAN MUSEUM GEOLOGI DI KABUPATEN NGADA</title><creator>RADEN DION DHIRASATWIKA</creator><subject>VISUAL PROGRAMMING</subject><description>Museum Geologi Bandung merupakan museum yang di dalamnya terdapat berbagai koleksi geologi dan pertambangan, mulai dari ragam batuan, mineral, meteorit, fosil dan artefak yang telah dikumpulkan sejak tahun 1850-an. Museum Geologi memiliki program sosialisasi kepada beberapa sekolah yang ada di Indonesia, Tujuan sosialisasi Museum Geologi yang selanjutnya adalah Kabupaten Ngada. Sosialisasi ini bertujuan untuk menyebarluaskan edukasi kegeologian dan informasi mengenai koleksi Museum Geologi. Dalam menyampaikan informasi mengenai koleksi museum, Museum Geologi masih belum menggunakan media visual dengan efektif. Salah satu contohnya adalah dalam menyampaikan informasi dalam jumlah besar dan mendetail, Museum Geologi menggunakan media x-banner. Guna menjawab permasalahan diatas, Penulis mengumpulkan data yang dibutuhkan dengan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Setelah data diperoleh, Penulis melakukan perancangan media visual yang sesuai. Media utama yang sesuai adalah buku panduan. Penulis juga merancang media visual pelengkap guna mengoptimalkan program sosialisasi, media pelengkapnya adalah notepad, kaos, topi, totebag, ballpoint, twitter, facebook, website, banner, x-banner, sign system dan backdrop. Diharapkan dengan dibuatnya media visual yang efektif, informasi yang disampaikan pada saat sosialisasi dapat tersampaikan dengan efektif. Sehingga para peserta sosialisasi mendapatkan manfaat dari program sosialisasi. Selain itu, perancangan media visual ini juga diharapkan dapat membantu pihak-pihak yang membutuhkannya. Kata Kunci : Media Visual, Sosialisasi, Museum Geologi, Informasi</description><publisher>Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual</publisher><date>2014-01-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/65691/perancangan-media-visual-event-sosialisasi-sejarah-kehidupan-yang-diadakan-museum-geologi-di-kabupaten-ngada.html</identifier><language>Indonesia</language><recordID>14.04.1028</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
author RADEN DION DHIRASATWIKA
title PERANCANGAN MEDIA VISUAL EVENT SOSIALISASI SEJARAH KEHIDUPAN YANG DIADAKAN MUSEUM GEOLOGI DI KABUPATEN NGADA
publisher Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
publishDate 2014
topic VISUAL PROGRAMMING
url https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/65691/perancangan-media-visual-event-sosialisasi-sejarah-kehidupan-yang-diadakan-museum-geologi-di-kabupaten-ngada.html
contents Museum Geologi Bandung merupakan museum yang di dalamnya terdapat berbagai koleksi geologi dan pertambangan, mulai dari ragam batuan, mineral, meteorit, fosil dan artefak yang telah dikumpulkan sejak tahun 1850-an. Museum Geologi memiliki program sosialisasi kepada beberapa sekolah yang ada di Indonesia, Tujuan sosialisasi Museum Geologi yang selanjutnya adalah Kabupaten Ngada. Sosialisasi ini bertujuan untuk menyebarluaskan edukasi kegeologian dan informasi mengenai koleksi Museum Geologi. Dalam menyampaikan informasi mengenai koleksi museum, Museum Geologi masih belum menggunakan media visual dengan efektif. Salah satu contohnya adalah dalam menyampaikan informasi dalam jumlah besar dan mendetail, Museum Geologi menggunakan media x-banner. Guna menjawab permasalahan diatas, Penulis mengumpulkan data yang dibutuhkan dengan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Setelah data diperoleh, Penulis melakukan perancangan media visual yang sesuai. Media utama yang sesuai adalah buku panduan. Penulis juga merancang media visual pelengkap guna mengoptimalkan program sosialisasi, media pelengkapnya adalah notepad, kaos, topi, totebag, ballpoint, twitter, facebook, website, banner, x-banner, sign system dan backdrop. Diharapkan dengan dibuatnya media visual yang efektif, informasi yang disampaikan pada saat sosialisasi dapat tersampaikan dengan efektif. Sehingga para peserta sosialisasi mendapatkan manfaat dari program sosialisasi. Selain itu, perancangan media visual ini juga diharapkan dapat membantu pihak-pihak yang membutuhkannya. Kata Kunci : Media Visual, Sosialisasi, Museum Geologi, Informasi
id IOS2750.14.04.1028
institution Telkom University
institution_id 317
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Telkom University
library_id 255
collection Katalog Library & Knowledge Center Telkom University
repository_id 2750
subject_area Ekonomi
Program Komputer dan Teknologi Informasi
Rekayasa
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS2750
first_indexed 2016-09-24T16:45:41Z
last_indexed 2017-02-25T15:20:22Z
recordtype dc
_version_ 1765819886556151808
score 17.538404