<p><font face="Arial">ANALISIS CHURN CUSTOMER KARTU GSM DAN CDMA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN PROGRAM CUSTOMER RETENTION KARTU FLEXITrendy DI KOTA BANDUNG</font></p>

Main Author: SETIYORINI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom, S1 Teknik Industri , 2007
Subjects:
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/132222/-p-font-face-arial-analisis-churn-customer-kartu-gsm-dan-cdma-sebagai-dasar-perumusan-program-customer-retention-kartu-flexitrendy-di-kota-bandung-font-p-.html
Daftar Isi:
  • <font size="3"> <p align="justify">Saat ini keberadaan sarana telekomunikasi telah berkembang dengan pesat Hal ini terbukti dari semakin meningkatnya permintaan telepon seluler dari tahun ketahun yang diikuti dengan terus bertambahnya operator layanan seluler. Semakin banyaknya operator layanan seluler di Indonesia ini membuat para operator harus bersaing dengan cukup ketat, termasuk didalamnya PT. Telkom dengan layanannya TELKOMFlexi. Sampai saat ini kartu FLEXITrendy sebagai salah satu produk TELKOMFlexi memiliki tingkat </p> </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">churn </font><font size="3">yang cenderung meningkat. Penyebab customer </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">churn </font><font size="3">kartu FLEXITrendy belum diketahui secara pasti oleh PT. Telkom. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik customer </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">churn</font><font size="3">, pola perpindahan customer </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">churn </font><font size="3">dan alasan utama yang menyebabkan customer </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">churn </font><font size="3">kartu FLEXITrendy baik secara aspek teknis maupun aspek non teknis sebagai dasar perumusan program </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">customer retention. </font><font size="3"> <p align="justify">Pada penelitian ini, alat ukur yang digunakan adalah kuisioner. Kuisioner ini disebarkan pada customer operator layanan seluler yang pernah </p> <p align="justify">Dari hasil pengolahan data diperoleh data karakteristik customer </p> <p align="justify">Dari hasil analisis alasan utama yang menyebabkan customer churn dari aspek non teknis yaitu kartu yang dipilih banyak dipakai teman / saudara. Sedangkan alasan teknis yang mnyebabkan customer </p> </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">churn </font><font size="3">di kota Bandung. Dari hasi penyebaran kuisioner akan diolah dengan statistika deskriptif yaitu frekuensi untuk mengetahui karakteristik customer churn dan crosstab untuk mengetahui pola perpindahan customer </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">churn </font><font size="3">yaitu dengan </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">matriks aljabar primer </font><font size="3">yang merupakan salah satu metode </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">markov chain</font><font size="3">. Sedangkan untuk mengetahui alasan teknis dan non teknis menggunakan kedua perhitungan tersebut yaitu frekuensi dan crosstab. </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">churn </font><font size="3">kartu GSM dan CDMA, dimana karakteristik tersebut dapat dijelaskan berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, pekerjaan, pendapatan, pengeluaran pulsa per bulan, dan waktu tepatnya pindah SIM Card. Selain itu dari pengolahan data didapatkan pula pola perpindahan kartu GSM dan CDMA. Dimana kartu paling diminati yaitu kartu IM3 sedangkan kartu paling tidak diminati untuk dijadikan pilihan </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">churn </font><font size="3">yaitu kartu matrix. </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">churn </font><font size="3">kartu FLEXITrendy yaitu masalah coverage area, masalah jaringan, masalah </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">after sales service </font><font size="3">dan masalah fitur baru. Setelah analisis alasan ini maka dapat dirumuskan program </font><em><font face="Times New Roman,Times New Roman" size="3">customer retention </font><font size="3">yang tepat bagi PT. Telkom. </font> <p> </p> <p> </p> </em></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em> churn, customer retention, markov chain, matriks aljabar primer, after sales service