<p><font face="Arial">PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN PAKET BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) (Studi Kasus PT. Pos Indonesia)<br /> </font></p>
Main Author: | TRIASTOMO PD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/132029/-p-font-face-arial-perancangan-aplikasi-sistem-informasi-pengiriman-paket-berbasis-short-message-service-sms-studi-kasus-pt-pos-indonesia-br-font-p-.html |
Daftar Isi:
- <font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">Semenjak tahun lalu banyak bermunculan perusahaan-perusahaan yang bergerak</p> <p align="left">dibidang pelayanan jasa seperti pengiriman barang dan telekomunikasi. Hal ini, membuktikan</p> <p align="left">bahwa bisnis jasa telah menjadi trend tahun ini dan tahun lalu. PT POS selaku pioneer dalam</p> <p align="left">bidang jasa seharusnya dapat melihat peluang ini. Seperti di sebutkan pada harian kompas</p> <p align="left">02/07/2002 menyebutkan “kontribusi laba yang dicapai sejak tahun 1978 sampai tahun 2001</p> <p align="left">justru banyak dihasilkan dari pengiriman paket. Dari tahun ke tahun pendapatan PT Posindo</p> <p align="left">melalui jasa paket naik signifikan diikuti oleh beban biaya yang semakin membesar. Sebut saja,</p> <p align="left">tahun 1999, PT Posindo berhasil meraup pendapatan sebesar Rp 1,19 triliun dengan laba sekitar</p> <p align="left">Rp 76 milyar, kemudian tahun 2000 pendapatan naik Rp 1,23 triliun namun dengan laba Rp 54</p> <p align="left">milyar.”</p> <p align="left">Seiring dengan perkembangan teknologi, sudah sewajarnya teknologi dalam pelayanan</p> <p align="left">pun ikut berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Karena bagaimanapun aturan</p> <p align="left">utama dalam bisnis ini adalah bagaimana memuaskan pelanggan. Sebagai salah satu jawaban</p> <p align="left">dalam menjawab persaingan pasar yang tinggi PT POS harus melihat kebutuhan pelanggan</p> <p align="left">terhadap suatu layanan. Sebagai contoh untuk layanan pengiriman paket POS, selain paket</p> <p align="left">dapat cepat terkirim dalam keadaan baik, pelanggan membutuhkan akses untuk mengetahui</p> <p align="left">posisi paket maupun kemudahan untuk membatalkan paket. Hal ini mungkin terlihat kurang</p> <p align="left">signifikan, namun bagi pelanggan hal tersebut memberikan kepuasan lebih yang menjurus</p> <p align="left">kepada loyalitas dalam menggunakan layanan ini. Dengan alasan perlunya Value Added</p> <p align="left">Service tersebut maka dirancang dan dibangunlah aplikasi system informasi pengiriman paket</p> <p align="left">berbasis Short Message Service (SMS) ini.</p> <p align="left">Aplikasi Sistem Informasi Pengiriman Paket berbasis Short Message Service (SMS)</p> <p align="left">merupakan aplikasi yang menyediakan informasi mengenai paket yang dikirimkan Melalui PT</p> <p align="left">POS yang saat ini masih dibatasi pada penyediaan informasi: Status Paket, Estimasi tiba dan</p> <p align="left">pembatalan paket. Selain itu, aplikasi ini menyediakan fasilitas pesan pengingat kepada</p> <p align="left">pengirim dan penerima paket jika paket tersebut telah tiba di kantorpos tujuan. Dengan fasilitas</p> <p align="left">tersebut, pelanggan dapat mengetahui bahwa paket telah tba di kota tujuan dan dapat di ambil</p> <p align="left">sesuai alamat yang di informasikan.</p> <p align="left">Untuk mendukung implementasi aplikasi ini dilapangan, dilakukan analisa kelayakan</p> <p align="left">dalam aspek teknis dan finansial terhadap aplikasi notifikasi kartu kredit berbasis Short</p> <p align="left">Message Service (SMS). Hasil analisis aspek teknis, pelaksanaan aplikasi membutuhkan</p> <p align="left">komponen perangkat lunak dan perangkat keras serta kebutuhan operasional dalam</p> <p align="left">menjalankan sistem ini sementara untuk penyelenggaraan aplikasi notifikasi melibatkan</p> <p align="left">Operator jaringan, Content Provider dan Service Provider (PT POS Indonesia).</p> </font> SMS, Layanan Paket POS, Analisa Teknis