<p><font face="Arial">USULAN STRATEGI TARIF FREN PRABAYAR MENGGUNAKAN PEMETAAN CUSTOMER’S VALUE</font></p>

Main Author: HERWINA DEWI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom, S1 Teknik Industri , 2005
Subjects:
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/132016/-p-font-face-arial-usulan-strategi-tarif-fren-prabayar-menggunakan-pemetaan-customer-s-value-font-p-.html
Daftar Isi:
  • <font face="TimesNewRomanPSMT" size="3"> <p align="left">Perkembangan jalur bisnis operator CDMA di Indonesia terbagi menjadi dua yaitu,</p> <p align="left">operator seluler berbasis teknologi CDMA dan operator penyedia layanan FWA (</p> <p align="left">access</p> <p align="left">penurunan biaya investasi per pelanggan yang didorong oleh semakin murahnya biaya investasi</p> <p align="left">telepon seluler dan perkembangan teknologi yang cepat, tarif yang dikeluarkan operator seluler</p> <p align="left">akan terus turun. Jumlah pelanggan seluler saat ini mencapai lebih dari 21 juta pelanggan,</p> <p align="left">dimana 90% lebih pasar seluler didominasi pelanggan prabayar. Dengan tingginya jumlah</p> <p align="left">pelanggan prabayar, maka bagi mereka masalah tarif dan perhitungannya merupakan masalah</p> <p align="left">yang sensitif dan sangat diperhatikan. Tetapi para operator seluler di Indonesia (baik GSM</p> <p align="left">maupun CDMA) masih belum "mampu" menetapkan standar harga sepadan yang sesuai</p> <p align="left">dengan kemajuan teknologi itu sendiri maupun sesuai dengan standar tingkat kehidupan di</p> <p align="left">Indonesia. Bagi Fren sebagai operator seluler berbasis CDMA hal ini merupakan kesempatan</p> <p align="left">tersendiri untuk menarik minat pelanggan. Untuk itu diperlukan konsep rancangan strategi tarif</p> <p align="left">baru Fren berdasarkan </p> <p align="left">kompetisi yang digambarkan dalam Customer’s Value Map, jika dibandingkan dengan</p> <p align="left">kompetitor utama Fren sebagai usulan untuk menarik pasar yang lebih besar.</p> </font><em><font face="Times New Roman" size="3">fix wireless</font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">). Saat ini operator seluler berbasis tekonogi CDMA diwakili oleh Fren. Dengan adanya</font><em><font face="Times New Roman" size="3">perceived benefit </font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">dan </font><em><font face="Times New Roman" size="3">perceived price </font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">Fren dan posisi Fren dalam</font><em><font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">Customer’s value </p> <p align="left">price </p> <p align="left">yang sama – sama menyediakan layanan kartu prabayar dan bergerak dalam bisnis seluler.</p> <p align="left">Terdapat lima faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam penentuan harga, yaitu</p> <p align="left">permintaan, biaya, kompetisi, regulasi dan tujuan perusahaan. Dalam penelitian ini, </p> <p align="left">value </p> <p align="left">pertimbangan untuk menentukan tarif Fren. </p> <p align="left">atribut dari suatu produk yang menjadi acuan atau bahan pertimbangan konsumen untuk</p> <p align="left">membeli. </p> <p align="left">kuesioner. Perbedaan antara </p> <p align="left">bahan pertimbangan untuk menentukan tarif. Kemudian dilakukan penentuan strategi tarif</p> <p align="left">dengan mempertimbangkan </p> <p align="left">Customer’s Value Map, kompetisi, tujuan perusahaan, regulasi dan biaya.</p> <p align="left">Hasil pengolahan data menunjukkan pada Customer’s Value Map posisi Fren berada di</p> <p align="left">kedua area yaitu area </p> <p align="left">Sensitivity Meter diperoleh range tarif yang diinginkan pelanggan Fren untuk beberapa</p> <p align="left">layanannya. Dengan menggunakan Customer’s Value Map dan Price Sensitivity Meter yang</p> <p align="left">didukung oleh pertimbangan terhadap kompetisi, tujuan perusahaan, regulasi dan biaya maka</p> <p align="left">diperoleh usulan tarif dan strategi tarif untuk Fren.<font face="TimesNewRomanPSMT" size="3"></font><em><font face="Times New Roman" size="3">high end </font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">menunjukan bahwa Fren membutuhkan peningkatan pada sisi kualitas</font></em></p> <p align="left">Secara umum Fren memerlukan peningkatan kualitas dan penurunan tarif. Perbandingan</p> <p align="left">dengan pasar </p> <p align="left">sedangkan dari sisi tarif Fren sudah dinilai murah. Sedangkan perbandingan dengan kompetitor</p> <p align="left">utamanya Fren memerlukan peningkatan kualitas dan penurunan tarif. Dengan adanya</p> <p align="left">penurunan tarif tersebut Fren dapat menghasilkan keuntungan lebih besar dan jumlah</p> <p align="left">pelanggan yang semakin besar.</p> </font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">merupakan perbandingan antara </font><em><font face="Times New Roman" size="3">perceived benefit </font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">dengan </font><em><font face="Times New Roman" size="3">perceived</font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">yang diterima oleh pelanggan. Dalam penelitian ini Fren dibandingkan dengan kompetitor</font><em><font face="Times New Roman" size="3">customer’s</font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">merupakan salah satu faktor dalam kompetisi yang dapat digunakan sebagai bahan</font><em><font face="Times New Roman" size="3">Customer’s value </font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">dapat diperoleh dari fitur atau</font><em><font face="Times New Roman" size="3">Customer’s value </font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">dan batasan tarif yang diinginkan pelanggan diperoleh melalui</font><em><font face="Times New Roman" size="3">customer’s value </font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">kompetitor dengan Fren dapat digunakan sebagai</font><em><font face="Times New Roman" size="3">value </font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">yang dirasakan oleh </font><em><font face="Times New Roman" size="3">customer </font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">yang digambarkan dalam</font><em><font face="Times New Roman" size="3">value advantage </font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">dan </font><em><font face="Times New Roman" size="3">value disadvantage</font><font face="TimesNewRomanPSMT" size="3">. Berdasarkan perhitungan Price</font></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em> Customer’s Value, Tarif, Strategi Tarif