<p><font face="Arial">PENGUKURAN EFEKTIVITAS PROGRAM PROMOSI TOSERBA YOGYA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PROMOSI DI BANDUNG</font></p>

Main Author: ADITYO HARYO LAKSONO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom, S1 Teknik Industri , 2005
Subjects:
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131980/-p-font-face-arial-pengukuran-efektivitas-program-promosi-toserba-yogya-sebagai-dasar-perumusan-strategi-promosi-di-bandung-font-p-.html
ctrlnum 112010108
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>&lt;p&gt;&lt;font face="Arial"&gt;PENGUKURAN EFEKTIVITAS PROGRAM PROMOSI TOSERBA YOGYA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PROMOSI DI BANDUNG&lt;/font&gt;&lt;/p&gt;</title><creator>ADITYO HARYO LAKSONO</creator><subject>PROMOTION</subject><description>&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt; &lt;p align="left"&gt;Toserba Yogya adalah salah satu supermarket terbesar dan yang banyak kita jumpai di&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Bandung. Toserba Yogya menawarkan produk-produk kebutuhan masyarakat sehari-hari. Tetapi&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;tidak semua masyarakat Bandung berbelanja di Toserba Yogya, banyak tempat belanja lainnya&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;yang lebih menarik juga. Salah satu upaya Toserba Yogya untuk menarik minat masyarakat&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;tersebut, maka dibuatlah program promosi harga untuk produk tertentu yang dijual di Toserba&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Yogya. Promosi ini dimaksudkan agar masyarakat tertarik untuk berbelanja di Toserba Yogya dan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;untuk membeli produk yang didiskon tersebut. Promosi ini juga menjadi salah satu strategi untuk&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;mempertahankan dan menambah jumlah konsumen.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Untuk mengidentifikasi sampai sejauh mana respon konsumen Toserba Yogya terhadap&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;program promosi harga Toserba Yogya, maka dilakukan pengukuran efektivitas promosi dengan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;menggunakan model AIDA (&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;pengolahan data dilakukan dengan metoda statistik deskriptif, yaitu frekuensi dan tabulasi silang&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;serta &lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Yogya. Metode ini dipilih karena dianggap metode yang paling dapat mereprosentasikan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;efektivitas program promosi harga Toserba Yogya yang dilihat dari proses komunikasi berdasarkan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;perilaku konsumen.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Iklan dikatakan efektif apabila dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Tujuan periklanan sendiri mengandung misi komunikasi untuk menarik kesadaran, menanamkan&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;informasi, mengembangkan sikap dan mengharapkan adanya suatu tindakan pembelian. Hasil yang&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;diperoleh dari penelitian ini adalah program promosi harga Toserba Yogya sudah cukup efektif&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;yaitu sebesar 64.6%. Dapat juga dilihat dari respon konsumen Toserba Yogya terhadap promosi&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;yang ada berdasarkan parameter-parameter model AIDA yaitu parameter &lt;/p&gt; &lt;/font&gt;&lt;em&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;Attention, Interest, Desire &lt;/font&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;dan &lt;/font&gt;&lt;em&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;Action&lt;/font&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;). Dalam penelitian ini&lt;/font&gt;&lt;em&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;chi-square &lt;/font&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari program promosi harga Toserba&lt;/font&gt;&lt;em&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;attention &lt;/font&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;sebesar 82.9%,&lt;/font&gt;&lt;em&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt; &lt;p align="left"&gt;interest &lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;sebesar 64%.&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Kemudian disusunlah sebuah strategi promosi Toserba Yogya yang baru, agar Toserba&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;Yogya paling tidak dapat mempertahankan jumlah konsumen. Tetapi tujuan utamanya adalah agar&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;lebih banyak lagi konsumen yang akan datang. Usulan strategi ini berdasarkan dari variabelvariabel&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;yang memiliki hubungan erat dengan masing-masing parameter AIDA. Dari variabelvariabel&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;tersebut dilakukan perbaikan performansi, sehingga nantinya akan tercipta strategi&lt;/p&gt; &lt;p align="left"&gt;promosi baru.&lt;/p&gt; &lt;/font&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;sebesar 83.9%, &lt;/font&gt;&lt;em&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;desire &lt;/font&gt;&lt;font face="Times New Roman" size="3"&gt;sebesar 55.9%, dan Action terhadap produk yang didiskon adalah&lt;/font&gt;&lt;/em&gt;&lt;/em&gt;&lt;/em&gt;&lt;/em&gt;&lt;/em&gt;&lt;/em&gt; -</description><publisher>Universitas Telkom, S1 Teknik Industri</publisher><date>2005-01-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131980/-p-font-face-arial-pengukuran-efektivitas-program-promosi-toserba-yogya-sebagai-dasar-perumusan-strategi-promosi-di-bandung-font-p-.html</identifier><language>Indonesia</language><recordID>112010108</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
author ADITYO HARYO LAKSONO
title <p><font face="Arial">PENGUKURAN EFEKTIVITAS PROGRAM PROMOSI TOSERBA YOGYA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PROMOSI DI BANDUNG</font></p>
publisher Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
publishDate 2005
topic PROMOTION
url https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131980/-p-font-face-arial-pengukuran-efektivitas-program-promosi-toserba-yogya-sebagai-dasar-perumusan-strategi-promosi-di-bandung-font-p-.html
contents <font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">Toserba Yogya adalah salah satu supermarket terbesar dan yang banyak kita jumpai di</p> <p align="left">Bandung. Toserba Yogya menawarkan produk-produk kebutuhan masyarakat sehari-hari. Tetapi</p> <p align="left">tidak semua masyarakat Bandung berbelanja di Toserba Yogya, banyak tempat belanja lainnya</p> <p align="left">yang lebih menarik juga. Salah satu upaya Toserba Yogya untuk menarik minat masyarakat</p> <p align="left">tersebut, maka dibuatlah program promosi harga untuk produk tertentu yang dijual di Toserba</p> <p align="left">Yogya. Promosi ini dimaksudkan agar masyarakat tertarik untuk berbelanja di Toserba Yogya dan</p> <p align="left">untuk membeli produk yang didiskon tersebut. Promosi ini juga menjadi salah satu strategi untuk</p> <p align="left">mempertahankan dan menambah jumlah konsumen.</p> <p align="left">Untuk mengidentifikasi sampai sejauh mana respon konsumen Toserba Yogya terhadap</p> <p align="left">program promosi harga Toserba Yogya, maka dilakukan pengukuran efektivitas promosi dengan</p> <p align="left">menggunakan model AIDA (</p> <p align="left">pengolahan data dilakukan dengan metoda statistik deskriptif, yaitu frekuensi dan tabulasi silang</p> <p align="left">serta </p> <p align="left">Yogya. Metode ini dipilih karena dianggap metode yang paling dapat mereprosentasikan</p> <p align="left">efektivitas program promosi harga Toserba Yogya yang dilihat dari proses komunikasi berdasarkan</p> <p align="left">perilaku konsumen.</p> <p align="left">Iklan dikatakan efektif apabila dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.</p> <p align="left">Tujuan periklanan sendiri mengandung misi komunikasi untuk menarik kesadaran, menanamkan</p> <p align="left">informasi, mengembangkan sikap dan mengharapkan adanya suatu tindakan pembelian. Hasil yang</p> <p align="left">diperoleh dari penelitian ini adalah program promosi harga Toserba Yogya sudah cukup efektif</p> <p align="left">yaitu sebesar 64.6%. Dapat juga dilihat dari respon konsumen Toserba Yogya terhadap promosi</p> <p align="left">yang ada berdasarkan parameter-parameter model AIDA yaitu parameter </p> </font><em><font face="Times New Roman" size="3">Attention, Interest, Desire </font><font face="Times New Roman" size="3">dan </font><em><font face="Times New Roman" size="3">Action</font><font face="Times New Roman" size="3">). Dalam penelitian ini</font><em><font face="Times New Roman" size="3">chi-square </font><font face="Times New Roman" size="3">untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari program promosi harga Toserba</font><em><font face="Times New Roman" size="3">attention </font><font face="Times New Roman" size="3">sebesar 82.9%,</font><em><font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">interest </p> <p align="left">sebesar 64%.</p> <p align="left">Kemudian disusunlah sebuah strategi promosi Toserba Yogya yang baru, agar Toserba</p> <p align="left">Yogya paling tidak dapat mempertahankan jumlah konsumen. Tetapi tujuan utamanya adalah agar</p> <p align="left">lebih banyak lagi konsumen yang akan datang. Usulan strategi ini berdasarkan dari variabelvariabel</p> <p align="left">yang memiliki hubungan erat dengan masing-masing parameter AIDA. Dari variabelvariabel</p> <p align="left">tersebut dilakukan perbaikan performansi, sehingga nantinya akan tercipta strategi</p> <p align="left">promosi baru.</p> </font><font face="Times New Roman" size="3">sebesar 83.9%, </font><em><font face="Times New Roman" size="3">desire </font><font face="Times New Roman" size="3">sebesar 55.9%, dan Action terhadap produk yang didiskon adalah</font></em></em></em></em></em></em> -
id IOS2750.112010108
institution Telkom University
institution_id 317
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Telkom University
library_id 255
collection Katalog Library & Knowledge Center Telkom University
repository_id 2750
subject_area Ekonomi
Program Komputer dan Teknologi Informasi
Rekayasa
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS2750
first_indexed 2017-07-10T07:18:38Z
last_indexed 2023-05-13T21:48:46Z
recordtype dc
_version_ 1765820009800531969
score 17.538404