<p><font face="Arial">PENGUKURAN EFEKTIVITAS PROGRAM PROMOSI TOSERBA YOGYA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PROMOSI DI BANDUNG</font></p>
Main Author: | ADITYO HARYO LAKSONO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
, 2005
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131980/-p-font-face-arial-pengukuran-efektivitas-program-promosi-toserba-yogya-sebagai-dasar-perumusan-strategi-promosi-di-bandung-font-p-.html |
ctrlnum |
112010108 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title><p><font face="Arial">PENGUKURAN EFEKTIVITAS PROGRAM PROMOSI TOSERBA YOGYA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PROMOSI DI BANDUNG</font></p></title><creator>ADITYO HARYO LAKSONO</creator><subject>PROMOTION</subject><description><font face="Times New Roman" size="3">
<p align="left">Toserba Yogya adalah salah satu supermarket terbesar dan yang banyak kita jumpai di</p>
<p align="left">Bandung. Toserba Yogya menawarkan produk-produk kebutuhan masyarakat sehari-hari. Tetapi</p>
<p align="left">tidak semua masyarakat Bandung berbelanja di Toserba Yogya, banyak tempat belanja lainnya</p>
<p align="left">yang lebih menarik juga. Salah satu upaya Toserba Yogya untuk menarik minat masyarakat</p>
<p align="left">tersebut, maka dibuatlah program promosi harga untuk produk tertentu yang dijual di Toserba</p>
<p align="left">Yogya. Promosi ini dimaksudkan agar masyarakat tertarik untuk berbelanja di Toserba Yogya dan</p>
<p align="left">untuk membeli produk yang didiskon tersebut. Promosi ini juga menjadi salah satu strategi untuk</p>
<p align="left">mempertahankan dan menambah jumlah konsumen.</p>
<p align="left">Untuk mengidentifikasi sampai sejauh mana respon konsumen Toserba Yogya terhadap</p>
<p align="left">program promosi harga Toserba Yogya, maka dilakukan pengukuran efektivitas promosi dengan</p>
<p align="left">menggunakan model AIDA (</p>
<p align="left">pengolahan data dilakukan dengan metoda statistik deskriptif, yaitu frekuensi dan tabulasi silang</p>
<p align="left">serta </p>
<p align="left">Yogya. Metode ini dipilih karena dianggap metode yang paling dapat mereprosentasikan</p>
<p align="left">efektivitas program promosi harga Toserba Yogya yang dilihat dari proses komunikasi berdasarkan</p>
<p align="left">perilaku konsumen.</p>
<p align="left">Iklan dikatakan efektif apabila dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.</p>
<p align="left">Tujuan periklanan sendiri mengandung misi komunikasi untuk menarik kesadaran, menanamkan</p>
<p align="left">informasi, mengembangkan sikap dan mengharapkan adanya suatu tindakan pembelian. Hasil yang</p>
<p align="left">diperoleh dari penelitian ini adalah program promosi harga Toserba Yogya sudah cukup efektif</p>
<p align="left">yaitu sebesar 64.6%. Dapat juga dilihat dari respon konsumen Toserba Yogya terhadap promosi</p>
<p align="left">yang ada berdasarkan parameter-parameter model AIDA yaitu parameter </p>
</font><em><font face="Times New Roman" size="3">Attention, Interest, Desire </font><font face="Times New Roman" size="3">dan </font><em><font face="Times New Roman" size="3">Action</font><font face="Times New Roman" size="3">). Dalam penelitian ini</font><em><font face="Times New Roman" size="3">chi-square </font><font face="Times New Roman" size="3">untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari program promosi harga Toserba</font><em><font face="Times New Roman" size="3">attention </font><font face="Times New Roman" size="3">sebesar 82.9%,</font><em><font face="Times New Roman" size="3">
<p align="left">interest </p>
<p align="left">sebesar 64%.</p>
<p align="left">Kemudian disusunlah sebuah strategi promosi Toserba Yogya yang baru, agar Toserba</p>
<p align="left">Yogya paling tidak dapat mempertahankan jumlah konsumen. Tetapi tujuan utamanya adalah agar</p>
<p align="left">lebih banyak lagi konsumen yang akan datang. Usulan strategi ini berdasarkan dari variabelvariabel</p>
<p align="left">yang memiliki hubungan erat dengan masing-masing parameter AIDA. Dari variabelvariabel</p>
<p align="left">tersebut dilakukan perbaikan performansi, sehingga nantinya akan tercipta strategi</p>
<p align="left">promosi baru.</p>
</font><font face="Times New Roman" size="3">sebesar 83.9%, </font><em><font face="Times New Roman" size="3">desire </font><font face="Times New Roman" size="3">sebesar 55.9%, dan Action terhadap produk yang didiskon adalah</font></em></em></em></em></em></em> -</description><publisher>Universitas Telkom, S1 Teknik Industri</publisher><date>2005-01-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131980/-p-font-face-arial-pengukuran-efektivitas-program-promosi-toserba-yogya-sebagai-dasar-perumusan-strategi-promosi-di-bandung-font-p-.html</identifier><language>Indonesia</language><recordID>112010108</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis |
author |
ADITYO HARYO LAKSONO |
title |
<p><font face="Arial">PENGUKURAN EFEKTIVITAS PROGRAM PROMOSI TOSERBA YOGYA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PROMOSI DI BANDUNG</font></p> |
publisher |
Universitas Telkom, S1 Teknik Industri |
publishDate |
2005 |
topic |
PROMOTION |
url |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131980/-p-font-face-arial-pengukuran-efektivitas-program-promosi-toserba-yogya-sebagai-dasar-perumusan-strategi-promosi-di-bandung-font-p-.html |
contents |
<font face="Times New Roman" size="3">
<p align="left">Toserba Yogya adalah salah satu supermarket terbesar dan yang banyak kita jumpai di</p>
<p align="left">Bandung. Toserba Yogya menawarkan produk-produk kebutuhan masyarakat sehari-hari. Tetapi</p>
<p align="left">tidak semua masyarakat Bandung berbelanja di Toserba Yogya, banyak tempat belanja lainnya</p>
<p align="left">yang lebih menarik juga. Salah satu upaya Toserba Yogya untuk menarik minat masyarakat</p>
<p align="left">tersebut, maka dibuatlah program promosi harga untuk produk tertentu yang dijual di Toserba</p>
<p align="left">Yogya. Promosi ini dimaksudkan agar masyarakat tertarik untuk berbelanja di Toserba Yogya dan</p>
<p align="left">untuk membeli produk yang didiskon tersebut. Promosi ini juga menjadi salah satu strategi untuk</p>
<p align="left">mempertahankan dan menambah jumlah konsumen.</p>
<p align="left">Untuk mengidentifikasi sampai sejauh mana respon konsumen Toserba Yogya terhadap</p>
<p align="left">program promosi harga Toserba Yogya, maka dilakukan pengukuran efektivitas promosi dengan</p>
<p align="left">menggunakan model AIDA (</p>
<p align="left">pengolahan data dilakukan dengan metoda statistik deskriptif, yaitu frekuensi dan tabulasi silang</p>
<p align="left">serta </p>
<p align="left">Yogya. Metode ini dipilih karena dianggap metode yang paling dapat mereprosentasikan</p>
<p align="left">efektivitas program promosi harga Toserba Yogya yang dilihat dari proses komunikasi berdasarkan</p>
<p align="left">perilaku konsumen.</p>
<p align="left">Iklan dikatakan efektif apabila dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.</p>
<p align="left">Tujuan periklanan sendiri mengandung misi komunikasi untuk menarik kesadaran, menanamkan</p>
<p align="left">informasi, mengembangkan sikap dan mengharapkan adanya suatu tindakan pembelian. Hasil yang</p>
<p align="left">diperoleh dari penelitian ini adalah program promosi harga Toserba Yogya sudah cukup efektif</p>
<p align="left">yaitu sebesar 64.6%. Dapat juga dilihat dari respon konsumen Toserba Yogya terhadap promosi</p>
<p align="left">yang ada berdasarkan parameter-parameter model AIDA yaitu parameter </p>
</font><em><font face="Times New Roman" size="3">Attention, Interest, Desire </font><font face="Times New Roman" size="3">dan </font><em><font face="Times New Roman" size="3">Action</font><font face="Times New Roman" size="3">). Dalam penelitian ini</font><em><font face="Times New Roman" size="3">chi-square </font><font face="Times New Roman" size="3">untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari program promosi harga Toserba</font><em><font face="Times New Roman" size="3">attention </font><font face="Times New Roman" size="3">sebesar 82.9%,</font><em><font face="Times New Roman" size="3">
<p align="left">interest </p>
<p align="left">sebesar 64%.</p>
<p align="left">Kemudian disusunlah sebuah strategi promosi Toserba Yogya yang baru, agar Toserba</p>
<p align="left">Yogya paling tidak dapat mempertahankan jumlah konsumen. Tetapi tujuan utamanya adalah agar</p>
<p align="left">lebih banyak lagi konsumen yang akan datang. Usulan strategi ini berdasarkan dari variabelvariabel</p>
<p align="left">yang memiliki hubungan erat dengan masing-masing parameter AIDA. Dari variabelvariabel</p>
<p align="left">tersebut dilakukan perbaikan performansi, sehingga nantinya akan tercipta strategi</p>
<p align="left">promosi baru.</p>
</font><font face="Times New Roman" size="3">sebesar 83.9%, </font><em><font face="Times New Roman" size="3">desire </font><font face="Times New Roman" size="3">sebesar 55.9%, dan Action terhadap produk yang didiskon adalah</font></em></em></em></em></em></em> - |
id |
IOS2750.112010108 |
institution |
Telkom University |
institution_id |
317 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Telkom University |
library_id |
255 |
collection |
Katalog Library & Knowledge Center Telkom University |
repository_id |
2750 |
subject_area |
Ekonomi Program Komputer dan Teknologi Informasi Rekayasa |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS2750 |
first_indexed |
2017-07-10T07:18:38Z |
last_indexed |
2023-05-13T21:48:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765820009800531969 |
score |
17.538404 |