<p><font face="Arial">IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENENTU PERPINDAHAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR MENTARI SEBAGAI DASAR PERUMUSAN PROGRAM CUSTOMER RETENTION</font></p>
Main Author: | ENDANG SULASMININGSIH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131953/-p-font-face-arial-identifikasi-faktor-faktor-penentu-perpindahan-pelanggan-kartu-prabayar-mentari-sebagai-dasar-perumusan-program-customer-retention-font-p-.html |
Daftar Isi:
- <font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">Tuntutan tingkat mobilitas yang semakin tinggi, membuat jumlah pelanggan telepon</p> <p align="left">seluler di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini mendorong para </p> <p align="left">provider </p> <p align="left">mengambil kebijakan dengan menyusun program-program yang memberi kemudahan dan</p> <p align="left">paket yang murah kepada pelanggan. Namun penawaran program tersebut memberikan</p> <p align="left">kemungkinan terjadi perpindahan pelanggan. Berbagai pilihan kartu yang menawarkan</p> <p align="left">keunggulan tersendiri, membuat volume penjualannya semakin besar, namun angka </p> <p align="left">diprediksikan makin tinggi. Indosat sebagai operator terbesar kedua di Indonesia dengan kartu</p> <p align="left">prabayar Mentari sebagai salah satu produknya mencatat angka </p> <p align="left">yang tertinggi yaitu mencapai rata-rata 6% pada Agustus 2004. Oleh karena itu dilakukan</p> <p align="left">penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi</p> <p align="left">perilaku perpindahan pelanggan kartu prabayar Mentari. Dari faktor tersebut akan dijadikan</p> <p align="left">dasar untuk membuat usulan program </p> <p align="left">untuk mempertahankan pelanggan yang ada dan menekan tingkat </p> <p align="left">Penelitian dilakukan dengan metode survey melalui penyebaran kuisioner kepada 280</p> <p align="left">responden di wilayah Bandung. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah</p> </font><em><font face="Times New Roman" size="3">service</font><font face="Times New Roman" size="3">bersaing untuk merebutkan pasar. Melihat kondisi seperti ini, operator GSM</font><em><font face="Times New Roman" size="3">switch </font><font face="Times New Roman" size="3">juga</font><em><font face="Times New Roman" size="3">churn rate </font><font face="Times New Roman" size="3">(nomor hangus)</font><em><font face="Times New Roman" size="3">customer retention </font><font face="Times New Roman" size="3">yang bisa dilakukan pihak Indosat</font><em><font face="Times New Roman" size="3">churn rate</font><font face="Times New Roman" size="3">.</font><em><font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">Judgemental Sampling </p> <p align="left">berdasarkan pertimbangan subyektif dari peneliti bahwa yang akan diambil dari populasi adalah</p> <p align="left">orang-orang dengan pertimbangan / ciri tertentu. Responden penelitian adalah pelanggan</p> <p align="left">telepon seluler yang pernah menggunakan layanan kartu prabayar Mentari, namun sekarang</p> <p align="left">tidak lagi. Kuisioner berisi pertanyaan lengkap yang meliputi data karakteristik responden, data</p> <p align="left">penggunaan layanan dan pertanyaan-pertanyaan khusus yang disusun berdasarkan variabelvariabel</p> <p align="left">yang telah ditemukan sebelumnya untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan</p> <p align="left">dengan alasan responden berpindah operator.</p> <p align="left">Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tarif, kegagalan layanan utama, dan</p> <p align="left">kompetisi, berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku perpindahan pelanggan dari layanan</p> <p align="left">kartu prabayar Mentari. Diantara variabel-variabel tersebut, variabel kompetisi merupakan</p> <p align="left">faktor yang paling kuat pengaruhnya terhadap perilaku perpindahan pelanggan kartu prabayar</p> <p align="left">Mentari. Sedangkan variabel respon pegawai terhadap kegagalan penyampaian jasa tidak</p> <p align="left">berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku perpindahan pelanggan. Disamping itu</p> <p align="left">perilaku berpindah layanan berpengaruh secara signifikan terhadap komunikasi </p> </font><font face="Times New Roman" size="3">yang merupakan bentuk </font><em><font face="Times New Roman" size="3">non probability sampling </font><font face="Times New Roman" size="3">yang dipilih</font><em><font face="Times New Roman" size="3">word of mouth</font><font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">dan mencari operator lain.</p> <p align="left">Program </p> <p align="left">memperhatikan variabel yang berpengaruh secara signifikan sebagai penyebab pelanggan</p> <p align="left">Mentari berpindah layanan ke operator lain. Adapun usulannya berupa program Mentari</p> </font><em><font face="Times New Roman" size="3">customer retention </font><font face="Times New Roman" size="3">yang diusulkan dibuat berdasarkan hasil analisa dengan</font><em><font face="Times New Roman" size="3"> <p align="left">Reward, </p> <p align="left">kualitas layanan terhadap pelanggan. Dengan usulan tersebut, diharapkan dapat</p> <p align="left">mempertahankan pelanggan dan mencegah pelanggan yang ada saat ini agar tidak berpindah ke</p> <p align="left">kompetitor serta agar mereka tetap loyal terhadap layanan kartu Mentari, sehingga dengan</p> <p align="left">demikian tingkat </p> </font><font face="Times New Roman" size="3">perbaikan kualitas layanan jaringan, program Mentari </font><em><font face="Times New Roman" size="3">Road Show </font><font face="Times New Roman" size="3">serta perbaikan</font><em><font face="Times New Roman" size="3">churn rate </font><font face="Times New Roman" size="3">bisa ditekan.</font></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em></em> -