ANALISIS DAN SIMULASI BLIND WATERMARKING DENGAN TRANSFORMASI WAVELET PADA CITRA DIGITAL(ANALYSIS AND SIMULATION OF BLIND WATERMARKING BASE ON WAVELET TRANSFORM FOR DIGITAL IMAGE)

Main Author: GEDE SEMARAJANA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom , 2007
Subjects:
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/90766/analisis-dan-simulasi-blind-watermarking-dengan-transformasi-wavelet-pada-citra-digital-analysis-and-simulation-of-blind-watermarking-base-on-wavelet-transform-for-digital-image-.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSI: <font face="TimesNewRomanPSMT"> <p align="left">Perkembangan teknologi informasi, terutama informasi digital akhir-akhir ini</p> <p align="left">mengalami peningkatan secara pesat. Peningkatan ini ditandai dengan banyaknya</p> <p align="left">penggunaan dan distribusi data multimedia. Kemudahan dalam pengaksesan data</p> <p align="left">multimedia menyebabkan diperlukannya suatu sistem keamanan yang dapat</p> <p align="left">mengamankan informasi dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Berbagai jenis</p> <p align="left">metoda pengolahan digital untuk keamanan berbagai jenis data digital sudah tersedia</p> <p align="left">saat ini.</p> <p align="left">Watermarking adalah salah satu cara untuk melindungi hak milik intelektual</p> <p align="left">atas produk multimedia (gambar/foto, audio, teks, video) dengan menyisipkan</p> <p align="left">informasi ke dalam data multimedia tersebut. Informasi yang disisipkan ke dalam data</p> <p align="left">multimedia disebut </p> </font><em><font face="TimesNewRomanPS-ItalicMT">watermark</font><font face="TimesNewRomanPSMT">, dan </font><em><font face="TimesNewRomanPS-ItalicMT">watermark </font><font face="TimesNewRomanPSMT">dapat dianggap sebagai </font><strong><font face="Times New Roman">sidik digital</font><font face="TimesNewRomanPSMT"> <p align="left">(</p> <p align="left">tersebut. Blind watermarking adalah salah satu bagian dari watermarking dengan</p> <p align="left">karakteristiknya yaitu tidak diperlukannya citra asli pada proses decoder untuk</p> <p align="left">melihat pesan yang ditumpangkan.</p> <p align="left">Pada tugas akhir ini disimulasikan metoda Blind-watermarking untuk</p> <p align="left">menumpangkan informasi ke dalam citra digital dengan metoda </p> <p align="left">mengalami proses penyisipan data pada citra asli, kualitas dari citra dari Blind</p> <p align="left">watermarking tidak mengalami penurunan yang terlalu signifikan sehingga masih</p> <p align="left">layak sebagai suatu karya cipta. Dibuktikan dengan hasil PSNR simulasi citra</p> <p align="left">watermarking diperoleh nilai rata-rata 40.01267 dB. Citra ekstrasi juga tidak</p> <p align="left">mengalami penurunan kualitas yang signifikan meskipun tanpa adanya pencocokan</p> <p align="left">dengan citra asli jika tidak terkena </p> <p align="left">mencapai 4 yaitu kualitas </p> </font><em><font face="TimesNewRomanPS-ItalicMT">digital signature</font><font face="TimesNewRomanPSMT">) atau stempel digital dari pemilik yang sah atas produk multimedia</font><em><font face="TimesNewRomanPS-ItalicMT">wavelet. </font><font face="TimesNewRomanPSMT">Setelah</font><em><font face="TimesNewRomanPS-ItalicMT">attack </font><font face="TimesNewRomanPSMT">yang signifikan. Dengan nilai MOS rata-rata</font><em><font face="TimesNewRomanPS-ItalicMT">fine</font><font face="TimesNewRomanPSMT">, sehingga bisa digunakan untuk proses </font><em><font face="TimesNewRomanPS-ItalicMT">authentifikasi.</font></em></em></em></em></em></strong></em></em>Kata Kunci : Citra digital, Blind watermarking, dan Transformasi Wavelet.ABSTRACT: <font face="TimesNewRomanPSMT"> <p align="left">Growth of Information Technology, especially the digital information latterly</p> <p align="left">experience of improvement rapidly. This improvement marked by many using and</p> <p align="left">multimedia data distribution. Ease to access multimedia data causing needed a</p> <p align="left">security system which can pacify the information from unconcerned sides. Various</p> <p align="left">type of digital processing method for the security of various digital data types have</p> <p align="left">been made available in this time.</p> <p align="left">Watermarking is one of way to protect the intellectual property of multimedia</p> <p align="left">products (image/photo, audio, text, and video) by inserting information into the</p> <p align="left">multimedia data. The insertion of information into multimedia data named as</p> </font><em><font face="TimesNewRomanPS-ItalicMT"> <p align="left">watermark</p> <p align="left">from valid owner for that multimedia product. Blind watermarking is one part of</p> <p align="left">watermarking with its characteristic i.e. not being needed of image original at</p> <p align="left">decoding process to see insertion message.</p> <p align="left">In this final project, Blind-Watermarking method was simulated to insert the</p> <p align="left">information into digital image by </p> <p align="left">image result by process of Blind Watermarking, the quality of images not experience</p> <p align="left">degradation very significantly, so that still be competent as a creation. It proved by</p> <p align="left">PSNR value which has mean value is 40.01267 dB. The extraction images are not</p> <p align="left">experience of quality degradation very significantly although without existence of</p> <p align="left">verification with the original image otherwise hit by significant attack. Which is</p> <p align="left">proved by Mean Opinion Score has mark 4, it is mean images have fine quality.</p> </font><font face="TimesNewRomanPSMT">, and watermark can be considered as digital signature or the digital cachet</font><em><font face="TimesNewRomanPS-ItalicMT">wavelet </font><font face="TimesNewRomanPSMT">method. After data insertion process at</font></em></em>Keyword: Digital Image, Blind Watermarking and Wavelet Transformation.