IMPLEMENTASI DIMENSI LINGKUNGAN DALAM PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI PONDOK PESANTREN MODERN SELAMAT KENDAL (Implementation of Environmental Dimension Into Education for Sustainable Development at ..

Main Author: Perpustakaan UGM, i-lib
Format: Article NonPeerReviewed
Terbitan: [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada , 2012
Subjects:
Online Access: https://repository.ugm.ac.id/29153/
http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=12216
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Implementasi Dimensi Lingkungan dalam Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) di Pondok Pesantren. Setting penelitian: Pondok Pesantren Modem Selamat Kendal yang sudah ada motivasi dalam pengelolaan lingkungan fisik dan biologis. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif-induktif yang mengedepankan adanya interaksi dan observasi partisipatif dengan subjek yang diteliti, dan melakukan observasi, dan wawancara dengan komunitas pondok pesantren. Pemilihan sampel secara purposive, accidental, dan snow-ball sampling. Kondisi lingkungan fisik, biologis, dan sosial-budaya diobservasi secara mendalam. Hasil wawancara ditranskrip, kemudian disajikan secara deskriptif. Data penelitian kualitatif berupa naratif