Keterampilan Berpikir Kritis dan Berargumen Siswa Sekolah Dasar Di Yogyakarta Sebagai Prediktor Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup: Studi Kasus Permasalahan Malioboro
Main Authors: | Kumara, Amitya, Haryanta, Haryanta |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian UGM
, 2002
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/277561/1/Amitya%20Kumara%20Haryanta_Keterampilan%20Berpikir_2002.pdf https://repository.ugm.ac.id/277561/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis dan berargumen pada siswa kelas 4 dan 5 SD. Pengukuran dilakukan dengan cara siswa diminta menanggapi secara lisan dan tertulis terhadap dua jenis stimulus. Berdasarkan analisis regresi tiga variabel penelitian pada stimulus Vignet diperoleh harga r=0.113 dengan harga p=0.039 dan pada stimulus foto diperoleh harga r=0.022 dengan harga p=0.006.