Keterampilan Berpikir Kritis dan Berargumen Siswa Sekolah Dasar Di Yogyakarta Sebagai Prediktor Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup: Studi Kasus Permasalahan Malioboro

Main Authors: Kumara, Amitya, Haryanta, Haryanta
Format: Lainnya NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian UGM , 2002
Subjects:
Online Access: https://repository.ugm.ac.id/277561/1/Amitya%20Kumara%20Haryanta_Keterampilan%20Berpikir_2002.pdf
https://repository.ugm.ac.id/277561/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis dan berargumen pada siswa kelas 4 dan 5 SD. Pengukuran dilakukan dengan cara siswa diminta menanggapi secara lisan dan tertulis terhadap dua jenis stimulus. Berdasarkan analisis regresi tiga variabel penelitian pada stimulus Vignet diperoleh harga r=0.113 dengan harga p=0.039 dan pada stimulus foto diperoleh harga r=0.022 dengan harga p=0.006.