Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dalam Pendidikan

Main Author: Asdi, Endang Daruni
Format: Lainnya NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Filsafat UGM , 1978
Subjects:
Online Access: https://repository.ugm.ac.id/277412/1/Endang%20Daruni%20Asdi_Penghayatan%20dan%20Pengamalan%20Pancasila%20dalam%20Pendidikan_1978.pdf
https://repository.ugm.ac.id/277412/
Daftar Isi:
  • Tidak dapat dibantah lagi bahwa pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam pembentukan manusia pada khususnya dan bangsa pada umumnya. Perubahan hidup manusia selalu dihubungkan dengan pendidikan yang diperolehnya, baik dalam pendidikan yang formal maupun yang non-formal. Tugas mendidik yang pertama adalah orang tua dalam lingkungan keluarga sebagai lingkungan yang paling dekat. Pengaruh orang tua dalam hal ini sangat kuat. Dalam perkembangan selanjutnya maka pendidikan anak tersebut akan didapat di luar lingkungan keluarga, di sekolah maupun di luar sekolah. Dengan meningkatnya kedewasaan, meningkat pula luas lingkungan hidupnya. Dapat dikatakan bahwa perkembangan anak ditentukan dan dipengaruhi oleh keluarga, sekolah, masyarakat, dan bangsa.