Pemodelan dan Simulasi untuk Meminimalisir Waktu Tunggu Antrian pada Kantor XYZ
Main Author: | Sari, Sekar Arum |
---|---|
Format: | Proceeding NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/277141/1/Sekar%20Arum%20Sari_Pemodelan%20dan%20Simulasi%20untuk%20Meminimalisir%20Waktu%20Tunggu%20Antrian%20pada%20Kantor%20XYZ.pdf https://repository.ugm.ac.id/277141/ |
Daftar Isi:
- Ketidakseimbangan antara jumlah fasilitas pelayanan dan banyaknya pelanggan dapat menimbulkan antrian yang panjang sehingga membuat pelayanan memiliki waktu tunggu yang panjang juga. Pada penelitian ini, dilakukan simulasi pada Kantor XYZ. Tujuan penelitian ini yaitu menemukan alternatif yang dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengurangi waktu tunggu akibat panjangnya antrian pada sistem antrian Kantor XYZ. Dalam membuat model dan melakukan simulasi, peneliti menggunakan bantuan software Flexsim 6.0. Setelah melakukan simulasi dapat diketahui bahwa penyebab panjangnya antrian yaitu dikarenakan waktu tunggu yang lama pada ruang tunggu 2 yang dapat dilihat dari hasil simulasi. Kemudian dilakukan desain eksperimen 1 dan desain eksperimen 2 sebagai alternatif untuk memperbaiki sistem antrian. Setelah diperoleh hasil, eksperimen 1 dapat dijadikan sebagai solusi dalam meningkatkan sistem antrian pada Kantor XYZ yaitu dengan melakukan penambahan 4 loket dari total keseluruhan sehingga total loket pada Kantor XYZ yaitu berjumlah 8 loket. Kantor XYZ beroperasi selama 9 jam tetapi dikarenakan ratarata waktu tunggu pada ruang tunggu 2 dari awal beroperasi hingga akhir yaitu sekitar 3,5 jam dan pada ruang tunggu 1 memiliki rata-rata waktu tunggu selama 133,49 detik mengakibatkan Kantor XYZ tidak dapat melayani pelanggan dengan jumlah yang lebih banyak.