Analisis Manajemen Strategi Menggunakan Metode SWOT dan AHP: Studi Kasus Warkop Meteora Al-Berkah Limo
Main Authors: | Aditya, Dimas, Zaman, Akhmad Nidhomuz, Hutami, Mira Syehika, Mahindriya, Prama Shandyasta, Puspita, Diah Arum, Wahyudi, Dani |
---|---|
Format: | Proceeding NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/276432/1/PROSIDING%20SENTI%202020-TP%20revisi%204-1-80%20ORIGINAL_6%20Dimas%20Aditya.pdf https://repository.ugm.ac.id/276432/ |
Daftar Isi:
- Warkop (warung kopi) merupakan bisnis kuliner sederhana sekaligus sarana interaksi sosial yang mudah ditemukan di setiap sudut kota di Indonesia. Salah satunya adalah Warkop Meteora Al-Berkah Limo yang berlokasi di Limo, Depok. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan AHP dengan melakukan observasi dan penelitian pendahulu dengan tujuan mengembangkan Warkop Meteora Al-Berkah Limo agar bisa bersaing dengan usaha lainnya. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa saat ini Warkop Meteora Al-Berkah lebih mengarah ke Weakness dan Threat (WT). Oleh karena itu, strategi SWOT yang tepat untuk memajukan usaha Warkop Meteora Al-Berkah Limo adalah dengan meminimalisasi Ancaman dan Kelemahan (W-T), sehingga dalam mengembangkan usaha Warkop Meteora Al- Berkah Limo perlu dilakukan perbaikan pada faktor kelemahan agar dapat menghindari ancaman. Strategi yang dapat digunakan adalah mengatasi dengan keramahan pegawai, menambah fasilitas seperti tempat lesehan atau ruang khusus untuk bersantai, menambahkan akses Wifi gratis, dan memasang pendingin udara sehingga menciptakan suasana nyaman dan berbeda dari tempat usaha lain yang sejenis