Penentuan Rute Distribusi yang Mempertimbangkan Multi Trips, Time Window, dan Simultaneous Pickup Delivery dengan Menggunakan Algoritma Sequential Insertion
Main Authors: | Yohanes, Ronie, Santoso, Santoso, Heryanto, Rainisa Maini |
---|---|
Format: | Proceeding NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/276382/1/PROSIDING%20SENTI%202020-OR%20%281%29_12.pdf https://repository.ugm.ac.id/276382/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia perindustrian saat ini membuat perusahaan-perusahaan saling bersaing untuk memberikan yang lebih baik bagi konsumen namun dengan biaya yang minimum. Persaingan tersebut membuat perusahaan perlu menekan biaya operasional, salah satunya adalah biaya distribusi. Faktor yang dapat mempengaruhi biaya distribusi adalah penentuan rute. Permasalah penentuan rute tersebut dikenal dengan Vehicle Routing Problem (VRP). Permasalahahan VRP yang terdapat pada distributor ini adalah VRP yang mempertimbangkan multi trip, time window, dan pickup delivery (VRPMTTWPD) yaitu permasalahan VRP dimana kendaraan dapat memiliki trip lebih dari satu, memiliki batasan waktu dalam proses distribusinya, dan terdapat proses pickup dan delivery pada setiap lokasi konsumen yang dilayani. Penentuan rute yang baik akan memberikan biaya distribusi yang minimum. Salah satu cara untuk menentukan rute adalah menggunakan metode Sequential Insertion. Walaupun metode ini adalah metode heuristik, metode ini dapat memberikan solusi yang baik dalam arti mendekati optimal atau bahkan optimal dalam waktu yang singkat. Metode ini dicoba digunakan dalam sebuah kasus di distributor air galon dan setelah dibandingkan antara metode aktual dan metode Sequential Insertion didapatkan bahwa metode tersebut dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan metode aktual yaitu memberikan penghematan biaya distribusi sebesar Rp 237,072.37 atau sebesar 15.89%, dengan rata-rata penghematan sebesar 14.28% per harinya.