Pengelolaan Supply Chain Untuk Mengoptimalkan Keseimbangan Antara Keuntungan Perusahaan Bakery Dengan
Main Author: | Perpustakaan UGM, i-lib |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed |
Terbitan: |
[Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/27161/ http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=10213 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tulisan ini membahas tentang pengelolaan supply chain di dalam industri bakery dari perspekti f manajemen material. Sebuah perencanaan kebutuhan material (MRP) yang lebih baik kami usulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usulan MRP dapat menurunkanjumlah investasi material daripada operasi yang ada sekarang. Dengan mempertimbangkan pengaruh skenario persentase product-retur (75%, 50%, 25% dan 0%) terhadap biaya persediaan perusahaan, diketahui bahwa penurunan persentase product-retur tidak begitu berpengaruh pada penghematan biaya yang menjadi beban perusahaan. Pada suatu tingkatan product-retur yang rendah akan bisa berakibat pada turunnya customer service karena retailer tidak bisa menjamin ketersediaan produk. Pada sisi lain, product-retur dalam jumlah banyak akan Pnemberikan customer service yang lebih baik namun dengan biaya yang lebih mahal sehingga akan ada pengurangan keuntungan. Hal ini menunjukkan adanya suatu trade-off antara keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan dengan customer service level di dalam suatu supply chain. Oleh karena itu kita perlu mengoptimalkan keseimbangan antara keuntungan dan customer service level. Kata kunci: supply chain, customer service level, product-retur.