Evaluation of an Instrument to Analyze the Clinical Learnng Environment
Main Author: | Perpustakaan UGM, i-lib |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed |
Terbitan: |
[Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada
, 2005
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/25797/ http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=8797 |
Daftar Isi:
- Latar belakang : Pemantauan pengalaman belajar mahasiswa kedokteran selama masa pendidikan di rumah sakit memerlukan sebuah instrumen yang menggali elemen organisasi dan pendidikan. Tujuan : Studi ini meneliti validitas, reliabilitas dan kepraktisan dari sebuah survey Lingkungan pembelajaran klinik yang bersifat multi budaya. Metode : Studi potong lintang terhadap 209 orang mahasiswa ko-ass dan studi prospektif terhadap 39 orang mahasiswa ko-ass selama mereka mengikuti tiga rotasi. Analisis meliputi analisis faktor, analisis reliabilitas, cross-tabs, univariat dan repeated measures anatisys of varians. Hasil : Instrumen merniliki tiga faktor dengan 11 sub area, yang berbeda pada berbagai tempat atau rotasi. Dimensi organisasi dan Lingkungan psikososial ditunjukkan oleh sebuah faktor tunggal dengan tujuh area yang berhubungan erat. Aspek struktur Lingkungan digambarkan dengan dua faktor, yang meliputi kesempatan untuk melakukan praktek keterampilan, evatuasi, aktivitas dan sumber belajar. Kesimpulan : Instrumen ini valid, reltabel dan praktis