Consumer Behavior In The Economic Crisis And Its Implications For Marketing Strategy

Main Author: Perpustakaan UGM, i-lib
Format: Article NonPeerReviewed
Terbitan: [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada , 1998
Subjects:
Online Access: https://repository.ugm.ac.id/25273/
http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=8264
Daftar Isi:
  • Krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia berdampak pada tidak menentunya kondisi ekonomi, mandeknya dunia usaha yang menyebabkan gelombang PI-1K, dan yang terparah menurunnya secara drastis daya beli masyarakat sebagai akibat melonjaknya harga dan turunnya tingkat pendapatan masyarakat. Berbagai perubahan karena pukulan krisis ekonomi ini berdampak langsung maupun tidak langsung pada terjadinya perubahan-perubahan dalam polo perilaku konsumen. Tulisan ini mencoba melihat gambaran mengenai polo perilaku konsumen di nzasa krisis melalui sebuah survei yang dilakukan di delapan kota besar di Indonesia. Tulisan ini juga me.ncoba melihat berbagai pengaruh dan implikasi stratejik dari perubahan-perubahan pola perilaku konsumen ini terutama dalam kaitan formulasi strategi perzuzsaran, dalam hal ini penulis menggunakan Kerangka Kerja Marketing Plus 2000 sebagai acuan dan perangkat analisa. Penulis mengajukan tiga alternatif strategi yaitu "maintaining the brand", "downscaling" dan "other branding." Tulisan disusun dalam tiga bagian. Bagian pertama membahas krisis ekonomi di Indonesia berikut dampak-dampaknya terutama yang berpengaruh pada perubahan perilaku konsumen. Bagiankedua membahas gambaran pola perilaku konsumen di Indonenesia pada nzasa krisis. Sedang bagianakhirtulisanini nzerumuskankerangka strategipemasaran dalam menghadapi berbagai perubahan perilaku konsumen. Keywords: marketing