Production and Export Marketing Model: A Case Study for Malaysian Palm Oil
Main Author: | Perpustakaan UGM, i-lib |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed |
Terbitan: |
[Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada
, 1998
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/25211/ http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=8199 |
Daftar Isi:
- Studi ini bertujuan mengembangkan suatu model pentasaran yang sesuai dengan pemasaran rn inyak sawit danmengambil kasus pada produksi dan pemasaran minyak sawit Malaysia. Data yang digunakan dikumpulkan dari berbagai sumber dalarn kurun waktu 1960 sampai dengan 1993. Model estimasi terdiri dari 11 persamaan struktur dan 6 identilas serta diestimasikan menggunakan 2 SLS (stage least square) dengan ntetode principle component. Hasil empiris menunjukkan kinerja pemasaran ntinyak sawit Malaysia dipengaruhi oleh variabel-variabel pemasaran terutanta variabel pasar internasionalseperti harga sawit dunia dan harga beberapa minyak substitusi, serta instrumen kebijakan pada sisi produksi. Harga minyak sawit Malaysia di pasar internasional secara berarti ditentukan oleh harga dan konsunisi minyak sawit dunia. Dengan demikian meskipun Malaysia sebagai penghasil dan pengekspor utama minyak sawit dunia, namun Malaysia hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker) bukan sebagai penentu harga (price-maker). Keywords: export marketing model