Dominant Variables And Its Impact to the Promotion Policy Case Study: PT Pikiran Rakyat Bandung
Main Author: | Perpustakaan UGM, i-lib |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed |
Terbitan: |
[Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada
, 1998
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/25203/ http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=8191 |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi informasi don komunikasi sangat berpengaruh terhadap struktur persaingan bisnis media massa, baik elektronik, cetak, maupun media luar ruang. Persaingan bukan hanya dalam hal kemampuan dalam mere but pengaruh sebagai media informasi (jumlah pendengar, pemirsa, pembaca) tetapi juga kemampuan dalam merebut belanja iklan pada pemasang iklan. Pendapatan utama media cetak selain dari penjualan sirkulasi adalah penjualan kolom iklan (jasa memuat iklan). Kebijakan promosi yang efektif sangat mendukung dalam pencapaian target pendapatan dalam penjualan kolom iklan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat kebijakan promosi yang diterapkan oleh sebuah perusahaan media cetak-dalam upaya menunjang penjualan kolom iklan. Sampel yang diteliti adalah para pemasang iklan aktif, dengan jumlah sampel 100 responden.Variabelpenelitianditurunkan dari semua pola kegiatan promosi yang dilakukan di perusahaan, meliputi 4 kelompok: Promosi (Promotion), Penjualan Tatap Muka (Personal Promosi Penjualan ( Sales Promotion), dan Publisitas (Publicity/ Public Relations). Dari pola kegiatan promosi tersebut diturunkan 23 variabel penelitian. Metoda pengolahan data yang dipakai adalah dengan pendekatan Analisis Faktor. Dengan mengetahui keterkaitan antarafaktor baru, eigen value, serta kontribusi masing-masing faktor tehadap dinzensi penelitian, maka dapat dievaluasi keefektifan kebijakan promosi yang diterapkan serta dapat dipakai sebagai bahan untuk menyusun kebijakan strategi promosi berikutnya Keywords: eigen value