Kualitas Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus Pada Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Main Author: | Perpustakaan UGM, i-lib |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed |
Terbitan: |
[Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada
, 2004
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/24625/ http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=7603 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari pandangan pengguna dan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhinya. Hal ini penting sekali karena merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan, sebagai pendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif metode survei. Sampel penelitian diambil dari kelompok pengguna perpustakaan sebanyak 338 orang dan pegawai perpustakaan 50 orang. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan riset kepustakaan, riset lapangan yang terdiri dari dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Data data diolah dengan menggunakan teknik tabulasi, dengan menyajikan hasil penelitian pada label tabel distribusi frekuensi daft prosentase, kemudian dideskripsikan. Berdasarkan Konsep pelayanan berkualitas dari Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tabun 1993 diambil 10 indikator kualitas pelayanan, yaitu kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keterbukaan, efisien, ekonomis, keadilan yang merata, ketepatan waktu, fasilitas fisik, kemampuan dan sikap pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Perpustakaan lAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menurut pandangan pengguna secara umum sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata rata 70.24% pengguna memberikan tanggapan baik terhadap indikator kualitas pelayanan perpustakaan di atas. Sedangkan faktor faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan adalah iklim organisasi (87%), sistem pengawasan (68.67%), dan struktur birokrasi (85.33%). Sebagai saran, meskipun pelayanan pada Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada umumnya dikatakan baik, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu mengenai lokiasi perpustakaan yang menurut pendapat sebagian besar pengguna tidak strategis, perlunya peningkatan dalam keamanan dan kenyaman pelayanan, peningkatan fasilitas fisik yang memadai dan perlunya peningkatan koleksi perpustakaan baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya dengan memperhatikan jurusan jurusan dan program studi baru. Kata kunci: kualitas pelayanan