Contoh Dan Analogi Sebagai Upaya Perbaikan Konsep Alternatif Pokok Bahasan Gerak Dan Gaya Pada Siswa Kelas I Smu
Main Author: | Perpustakaan UGM, i-lib |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed |
Terbitan: |
[Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada
, 1999
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/22060/ http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=4940 |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subjek siswa kelas I pada SMU I Sleman, SMU Pakem dan SMU Garnping. Penelitian dikembangkan dalam dua Fokus penelitian adalah remidiasi konsep alternatif gerak dan gaya pada pembelajaran fisika. Melalui penyepakatan dengan guru fisika di kelas yang menjadi subjek penelitian upaya perbaikan konsep altematif dilakukan dengan pemberian contoh dan analoginya yang ditekankan pada pengalarnan konkrit siswa. Dalam implementasi tindakan sekaligus dikumpulkan data dengan test, pengamatan dan wawancara. Selanjutnya dilakukan refleksi untuk .perencanaan dan implementasi tindakan berikutnya. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pada sikius pertains, melalui contoh-contoh pengamatan dapat diperbaiki konsep gerak jatuh bebas tanpa kecepatan awal, selanjutnya pada sikius kedua dapat diperbaiki pernahaman siswa yang terkart defigan gerak parabola dan gerak melingkar. Namun untuk penggambaran vektor dengan benar, masih dijumpai kesulitan pada sebagian siswa. Uji meta analisis didapat nilai ES = 2,12 sehingga melalui contoh dan analoginya dapat ditingkatkan prestasinya sebesar 48,3%. Kata kunci : Contoh dan analogi, remidiasi, konsep alternatif gerak dan gaya