Analysis Of The Use Of Accounting Product Costs In Oligopolistic Pricing Decision
Main Author: | Perpustakaan UGM, i-lib |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed |
Terbitan: |
[Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada
, 1997
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/20602/ http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=3455 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSI Makalah ini menganalisis masalah proses penentuan harga oleh manajer dalam pasar oligopolistik Literatur ekonomi memberikan pendekatan penentuan harga berdasarkan analisis terhadap biaya marginal dan penghasilan marginal (marginal cost and marginal revenue analysis), sementara bukti empirik menunjukkan bahwa manajer cenderung menggunakan pendekatan akuntansi (Govindarajan dan Anthony 7980), i.e., biaya variabel dan biaya penuh (variabel dan full costing). Analisis terhadap informasi sebagai proksi untuk marginal cost dalam proses heuristic penentuan harga. Makalah ini meng-embangkan analisis mengenai peng,gunaan informasi biaya produksi akuntansi telah diteliti dalam struktur pasar monopoli (Lere 1983 dan .1986), dan struktur pasar oligopoli (Dorward 1986). Perbedaan makalah ini dengan makalah Dorward adalah bahwa makalah ini menganalisis proses penentuan harga dengan menggunakan Bertrand's model, sementara Dorward menggunakan Cournout's model. Hasil analisis makalah ini menunjukkan bahwa Bertrand's model memberikan basil yang sama dengan Cournot's model, tetapi Bertrand's model lebih menunjukkan kompleksitas proses penentuan harga dalam dalam pasar oligopoli yang lebih tinggi dibanding dengan proses penentuan harga pada pasar monopoli. Dalam pasar oligopoll manajer tidak cukup hanya memperhatikan lungs! permintaan dan biayanya sendiri tetapi harus juga memperhatikan lungs! permintaan dan biaya kompetitor