Puzzle Box Model Flanel Sebagai Media Kreatif Dalam Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Main Author: Perpustakaan UGM, i-lib
Format: Article NonPeerReviewed
Terbitan: [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada , 1998
Subjects:
Online Access: https://repository.ugm.ac.id/18307/
http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=1088
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Keberadaan anak-anak tidak mudah dilepaskan dari lingkungan bermain. Anak yang belajar di kelas satu sekolah dasar yang berusia sekitar 6-7 tahun mengalami perubahan dari situasi keluarga dan situasi bermain yang tidak terkondisi menjadi situasi belajar di sekolah yang terkondisi. Akibatnya, seorang anak dituntut untuk belajar dengan menuruti aturan tertentu di sekolah. Penelitian ini mengetengahkan media permainan yang digunakan dalam proses belajar membaca permulaan, sehingga anak merasa lebih senang, tidak tertekan dan dapat kreatif. Media permainan yang digunakan adalah puzzle box model flanel, yang berbentuk kubus dengan potongan-potongan gambar sederhana dan menarik yang dilengkapi dengan bentuk tulisan atau keterangan gambar tersebut. Subjek penelitian eksperimen ini adalah 16 murid kelas I SD Islamiyah sebagai kelompok eksperimen dan 16 murid kelas I SDN Warungboto sebagai kelompok kontrol. Data yang berupa kemampuan membaca yang didukung oleh observasi dianalisis dengan menggunakan uji t. Dan analisis data yang terkumpul disimpulkan bahwa puzzle box model flanel efektif untuk belajar membaca permulaan. Hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar, konsentrasi belajar, kreativitas dan aktivitas anak meningkat selama belajar menggunakan media puzzle box model flanel ini.