Studi Eksperimen Pengaruh Mainan Image Tahap Satu Terhadap Peningkatan Kemampuan Pengenalan Ruang dan Berpikir Abstrak

Main Author: Perpustakaan UGM, i-lib
Format: Article NonPeerReviewed
Terbitan: [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada , 1996
Subjects:
Online Access: https://repository.ugm.ac.id/18127/
http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=905
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Studi eksperimen ini bertujuan menemukan pengaruh mainan image tahap satu terhadap peningkatan kemampuan pengenalan ruang dan berpikir abstrak pada anak-anak pra sekolah. Subjek penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun yang bersekolah di TK Al Hidayah, Yogyakarta. Variabel tergantung dalam penelitian ini berupa kemampuan berpikir abstrak dan pengenalan ruang yang diukur dengan menggunakan alat tes WISC-R (Wechsler Intelligence Scale for Children). Adapun variabel bebasnya adalah mainan image tahap satu berupa balok-balok permainan terbuat dari kayu dengan konsep pengenalan bentuk-bentuk dasar tiga dimensional yang mewujudkan citra atau logika berpikir yang merangsang atau belajar tanpa disadari. Metode penelitian yang digunakan merupakan studi eksperimen dengan model One Group Pretest -Posttest Design, yaitu subjek diukur dengan WISC-R sebelum dan sesudah diberi mainan image sebagai bentuk perlakuan selama 4 hari (sehari 2 jam). Analisis data dilakukan dengan uji t. Adapun hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan kemampuan berpikir abstrak serta kemampuan pengenalan ruang pada anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan mainan image tahap satu, dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada pengaruh perlakuan mainan image tahap satu terhadap kemampuan berpikir abstrak dan pengenalan ruang pada anak usia pra sekolah, tidak terbukti.