Efektivitas Pembentukan Klub Bermain Yang Mengacu Pada Modul Untuk Mengembangkan Dan Meningkatkan Sense of Industry Anak Usia 7-12 Tahun Di Lingkungan Kumuh Ledok Gondolayu Kali Code

Main Author: Perpustakaan UGM, i-lib
Format: Article NonPeerReviewed
Terbitan: [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada , 1996
Subjects:
Online Access: https://repository.ugm.ac.id/18042/
http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=817
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empirik efektivitas pembentukan klub bermain yang mengacu pada modul untuk mengembangkan dan meningkatkan sense of industry pada anak usia 7-12 tahun. Penelitian eksperimen ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan subjek 24 anak. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan berupa klub bermain selama 2 bulan, seminggu tiga kali selama 2 jam. Alat ukur berupa wawancara terpandu digunakan untuk mendapatkan data mengenai sense of industry. Data dianalisis dengan metode t-test. Sebelum perlakuan diberikan subjek diukur tingkat sense of industry (pre-test) dan dilakukan pengukuran kembali setelah perlakuan (post-test). Untuk mengetahui ketahanan efektivitas perlakuan dilakukan pengukuran sense of industry 20 hari setelah post-test. Dari.hasil analisis data diperoleh bukti ada perbedaan yang signifikan sense, of industry antara kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dan kelompok kontrol (t = 2,138