Efektivitas Pembentukan Klub Bermain Yang Mengacu Pada Modul Untuk Mengembangkan Dan Meningkatkan Sense of Industry Anak Usia 7-12 Tahun Di Lingkungan Kumuh Ledok Gondolayu Kali Code
Main Author: | Perpustakaan UGM, i-lib |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed |
Terbitan: |
[Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada
, 1996
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/18042/ http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=817 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empirik efektivitas pembentukan klub bermain yang mengacu pada modul untuk mengembangkan dan meningkatkan sense of industry pada anak usia 7-12 tahun. Penelitian eksperimen ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan subjek 24 anak. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan berupa klub bermain selama 2 bulan, seminggu tiga kali selama 2 jam. Alat ukur berupa wawancara terpandu digunakan untuk mendapatkan data mengenai sense of industry. Data dianalisis dengan metode t-test. Sebelum perlakuan diberikan subjek diukur tingkat sense of industry (pre-test) dan dilakukan pengukuran kembali setelah perlakuan (post-test). Untuk mengetahui ketahanan efektivitas perlakuan dilakukan pengukuran sense of industry 20 hari setelah post-test. Dari.hasil analisis data diperoleh bukti ada perbedaan yang signifikan sense, of industry antara kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dan kelompok kontrol (t = 2,138