ANALISIS DISTRIBUSI BEBAN KERETA API PADA KONSTRUKSI TIMBUNAN JALUR KERETA API
Main Authors: | Imam, Muthohar, Nur, Budi Susanto |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.ugm.ac.id/135869/1/Paper%2012.pdf https://repository.ugm.ac.id/135869/ |
Daftar Isi:
- Konstruksi jalur ganda KA Kroya-Kutoarjo, berdasarkan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional yang tercantum dalam PP Nomor 43 Tahun 2011, menunjukkan bahwa terdapat pekerjaan peninggian elevasi rel rencana dari elevasi rel eksisting. Penelitian ini memperhitungkan beban terfaktor kereta api serta berat struktur badan jalan rel sebagai masukan untuk menghitung kestabilan timbunan pada KM 410+900 serta KM 472+800 lintas Kroya-Kutoarjo. Spesifikasi penelitian berdasarkan pada peraturan pemerintah tentang perkeretaapian. Pengolahan data untuk memperhitungkan stabilitas lereng menggunakan perangkat lunak Slope/W. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kereta api terfaktor sebesar 350,52 kN. Beban yang terdistribusi oleh bantalan menghasilkan beban maksimum pada balas sebesar 56,11 N/cm2. Distribusi beban dengan tebal balas ekuivalen 73,1 cm memberikan beban pada tanah dasar sebesar 14,14 N/cm2. Stabilitas lereng pada KM 410+900 dan KM 472+800 Kroya-Kutoarjo sesuai desain rancangan mempunyai angka aman lebih besar angka aman minimum kestabilan lereng sebesar 1,3 sehingga lereng pada titik yang ditinjau merupakan lereng yang aman terhadap kelongsoran.