PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KONSEP BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo Kartasura)

Main Author: BASUKI, MEGA DEWANTORO
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/9926/1/B200060255.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9926/2/B200060255.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9926/
ctrlnum 9926
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/9926/</relation><title>PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KONSEP BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo Kartasura)&#xD; </title><creator> BASUKI, MEGA DEWANTORO</creator><subject>HF5601 Accounting</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo Kartasura dengan konsep Balanced Scorecard. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa metode analisis yaitu penetapan target dari masing-masing perspektif serta pengukuran kinerja dari masing-masing perspektif. Dalam perspektif keuangan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan semua ukuran yang digunakan rata-rata per tahunnya sudah melampaui target yang telah ditetapkan. Untuk perspektif pelanggan dan konsumen, market share rata-rata per tahunnya masih dibawah target kecuali kepuasan konsumen yang melampaui target. Pada perpektif Internal bisnis, inovasi produk sudah dapat melampaui target tetapi untuk layanan purna jual masih dibawah target dan proses operasi masih dalam batas target yang ditetapkan.&#xD; Untuk mendukung penelitian ini, peneliti menyebarkan kuisioner kepada nasabah dan karyawan. Populasinya adalah seluruh nasabah dan karyawan Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo Kartasura, sedangkan sampel yang diambil masing-masing adalah 100 responden untuk nasabah dan 20 responden untuk karyawan. Kuisioner digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dan karyawan. Hasil kuisioner tersebut juga telah diuji validitas dan reliabilitasnya.&#xD; Dari hasil analisis pengukuran kinerja pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo Kartasura dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat disimpulkan bahwa dari keempat perspektif yang dianalisis ada beberapa kinerja yang belum baik atau belum mampu mencapai target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu perusahaan diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerjanya dengan menyeimbangkan antara kinerja dari aspek keuangan dan non keuangan guna mewujudkan misi dan visinya.&#xD; &#xD; </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9926/1/B200060255.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9926/2/B200060255.pdf</identifier><identifier> BASUKI, MEGA DEWANTORO (2010) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KONSEP BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo Kartasura). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>B200060255</relation><recordID>9926</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author BASUKI, MEGA DEWANTORO
title PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN KONSEP BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo Kartasura)
publishDate 2010
topic HF5601 Accounting
url http://eprints.ums.ac.id/9926/1/B200060255.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9926/2/B200060255.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9926/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo Kartasura dengan konsep Balanced Scorecard. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa metode analisis yaitu penetapan target dari masing-masing perspektif serta pengukuran kinerja dari masing-masing perspektif. Dalam perspektif keuangan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan semua ukuran yang digunakan rata-rata per tahunnya sudah melampaui target yang telah ditetapkan. Untuk perspektif pelanggan dan konsumen, market share rata-rata per tahunnya masih dibawah target kecuali kepuasan konsumen yang melampaui target. Pada perpektif Internal bisnis, inovasi produk sudah dapat melampaui target tetapi untuk layanan purna jual masih dibawah target dan proses operasi masih dalam batas target yang ditetapkan. Untuk mendukung penelitian ini, peneliti menyebarkan kuisioner kepada nasabah dan karyawan. Populasinya adalah seluruh nasabah dan karyawan Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo Kartasura, sedangkan sampel yang diambil masing-masing adalah 100 responden untuk nasabah dan 20 responden untuk karyawan. Kuisioner digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dan karyawan. Hasil kuisioner tersebut juga telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis pengukuran kinerja pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Solo Kartasura dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat disimpulkan bahwa dari keempat perspektif yang dianalisis ada beberapa kinerja yang belum baik atau belum mampu mencapai target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu perusahaan diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerjanya dengan menyeimbangkan antara kinerja dari aspek keuangan dan non keuangan guna mewujudkan misi dan visinya.
id IOS2728.9926
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:34Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:38Z
recordtype dc
_version_ 1765810550580707328
score 17.538404