PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas)

Main Author: JUMIDAH, SITI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/9834/1/A520085035.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9834/3/A520085035.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9834/
ctrlnum 9834
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/9834/</relation><title>PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas) </title><creator>JUMIDAH, SITI </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional anak melalui metode cerita pada anak didik kelompok B2 semester I di TK Aisyiyah IV Semanggi tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2010 di TK Aisyiyah IV Semanggi pada Kelompok B2 Tahun Pelajaran 2010/2011.&#xD; Penelitian menggunakan sampel 24 anak didik Kelompok B2 dengan kondisi dari awal anak-anak ketika tiba di sekolah sampai kegiatan pembelajaran berlangsung, anak-anak didik kelompok B2 mengalami kesulitan dalam bergaul dengan teman sebaya di sekolah, kemampuan mengendalikan diri pada saat harus berpisah dengan orangtua walaupun hanya sebentar, kepercayaan terhadap kemampuan diri yang masih rendah, dapat dibuktikan dengan seringnya anak-anak mengatakan tidak bisa, untuk kemudian menangis karena merasa sulit menyelesaikan tugas. Anak-anak juga sering tidak mandiri, karena selalu meminta pertolongan kepada orangtua yang kebetulan juga masih menunggui untuk mengambilkan sesuatu yang dibutuhkan anak. Rancangan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari 3 siklus. Desain penelitian yang akan digunakan adalah action research (penelitian tindakan kelas). Desain ini dipilih dengan alasan bahwa penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah dirumuskan.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan emosional anak didik kelompok B2 di TK Aisyiyah IV Semanggi Surakarta pada Siklus I, Siklus II, Siklus III adalah 58,33%, 70,83%, dan 79,16%.&#xD; Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode cerita dengan teknik penyajian cerita tanpa alat peraga dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak didik, efektif untuk memotivasi anak didik, menambah wawasan guru dalam memilih strategi yang tepat, dan melatih keterampilan guru dalam mengelola kelas.&#xD; </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9834/1/A520085035.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9834/3/A520085035.pdf</identifier><identifier> JUMIDAH, SITI (2010) PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>A520085035 </relation><recordID>9834</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author JUMIDAH, SITI
title PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE CERITA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B2 SEMESTER I DI TK AISYIYAH IV SEMANGGI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas)
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/9834/1/A520085035.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9834/3/A520085035.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9834/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional anak melalui metode cerita pada anak didik kelompok B2 semester I di TK Aisyiyah IV Semanggi tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2010 di TK Aisyiyah IV Semanggi pada Kelompok B2 Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian menggunakan sampel 24 anak didik Kelompok B2 dengan kondisi dari awal anak-anak ketika tiba di sekolah sampai kegiatan pembelajaran berlangsung, anak-anak didik kelompok B2 mengalami kesulitan dalam bergaul dengan teman sebaya di sekolah, kemampuan mengendalikan diri pada saat harus berpisah dengan orangtua walaupun hanya sebentar, kepercayaan terhadap kemampuan diri yang masih rendah, dapat dibuktikan dengan seringnya anak-anak mengatakan tidak bisa, untuk kemudian menangis karena merasa sulit menyelesaikan tugas. Anak-anak juga sering tidak mandiri, karena selalu meminta pertolongan kepada orangtua yang kebetulan juga masih menunggui untuk mengambilkan sesuatu yang dibutuhkan anak. Rancangan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari 3 siklus. Desain penelitian yang akan digunakan adalah action research (penelitian tindakan kelas). Desain ini dipilih dengan alasan bahwa penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan emosional anak didik kelompok B2 di TK Aisyiyah IV Semanggi Surakarta pada Siklus I, Siklus II, Siklus III adalah 58,33%, 70,83%, dan 79,16%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode cerita dengan teknik penyajian cerita tanpa alat peraga dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak didik, efektif untuk memotivasi anak didik, menambah wawasan guru dalam memilih strategi yang tepat, dan melatih keterampilan guru dalam mengelola kelas.
id IOS2728.9834
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:32Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:36Z
recordtype dc
_version_ 1765810550035447808
score 17.538404