PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010)

Main Author: WATI , EKA KRESNA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/9829/1/A520085028.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9829/2/A520085028.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9829/
ctrlnum 9829
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/9829/</relation><title>PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010) </title><creator> WATI , EKA KRESNA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk memperoleh informasi &#xD; tentang peningkatan bahasa lisan melalui metode cerita gambar seri pada anak &#xD; didik kelompok B di TK Aisyiyah III Ngadirejo Kartasura semester II tahun &#xD; pelajaran 2009/ 2010. (2) Untuk mengetahui peningkatan bahasa lisan melalui &#xD; metode cerita gambar seri pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah III &#xD; Ngadirejo Kartasura semester II tahun pelajaran 2009/ 2010. &#xD; Penelitian ini mengambil lokasi di TK Aisyiyah III Ngadirejo kabupaten &#xD; Sukoharjo. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian &#xD; tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik &#xD; pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B &#xD; dengan jumlah peserta didik 11 anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, &#xD; dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis &#xD; dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator &#xD; keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan &#xD; mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam &#xD; proses belajar-mengajar. &#xD; Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode &#xD; bercerita gambar seri dapat meningkatkan bahasa lisan anak, Hal ini ditandai &#xD; dengan prosentase pada indikator menjawab pertanyaan pada pra siklus diperoleh &#xD; 27,2%, siklus I 36,3%, siklus II 54,5%, dan siklus III 90%, (2) sedangkan pada &#xD; indikator menceritakan kembali isi cerita pada pra siklus diperoleh prosentase &#xD; 18,1%, siklus I 27,2 %, siklus II 54,5%, sedangkan siklus III 81,8 %. </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9829/1/A520085028.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9829/2/A520085028.pdf</identifier><identifier> WATI , EKA KRESNA (2010) PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>A520085028 </relation><recordID>9829</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WATI , EKA KRESNA
title PENINGKATAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA GAMBAR SERI (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B TK Aisyiyah III Ngadirejo Tahun Pelajaran 2009/ 2010)
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/9829/1/A520085028.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9829/2/A520085028.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9829/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk memperoleh informasi tentang peningkatan bahasa lisan melalui metode cerita gambar seri pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah III Ngadirejo Kartasura semester II tahun pelajaran 2009/ 2010. (2) Untuk mengetahui peningkatan bahasa lisan melalui metode cerita gambar seri pada anak didik kelompok B di TK Aisyiyah III Ngadirejo Kartasura semester II tahun pelajaran 2009/ 2010. Penelitian ini mengambil lokasi di TK Aisyiyah III Ngadirejo kabupaten Sukoharjo. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B dengan jumlah peserta didik 11 anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja peneliti dan anak didik dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode bercerita gambar seri dapat meningkatkan bahasa lisan anak, Hal ini ditandai dengan prosentase pada indikator menjawab pertanyaan pada pra siklus diperoleh 27,2%, siklus I 36,3%, siklus II 54,5%, dan siklus III 90%, (2) sedangkan pada indikator menceritakan kembali isi cerita pada pra siklus diperoleh prosentase 18,1%, siklus I 27,2 %, siklus II 54,5%, sedangkan siklus III 81,8 %.
id IOS2728.9829
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:32Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:36Z
recordtype dc
_version_ 1765810550020767744
score 17.538404