IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)

Main Author: HERLINA , YURA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/9805/1/A410060071.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9805/2/A410060071.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9805/
ctrlnum 9805
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/9805/</relation><title>IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)</title><creator> HERLINA , YURA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 38 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas XI IPA 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Ada peningkatan motivasi belajar melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga. Hal ini dilihat dari aspek a). Rasa ingin tahu terhadap materi pembelajaran melalui bertanya dari sebelum tindakan 5,26% meningkat menjadi 31,57% pada akhir tindakan; b). Rasa ingin tahu terhadap materi pembelajaran dengan mengemukakan ide atau pendapat dari sebelum tindakan 2,63% meningkat menjadi 15,79% pada akhir tindakan; c). Mengerjakan soal latihan di depan kelas atas dasar kemauan sendiri dari sebelum tindakan 7,89% meningkat menjadi 21,05% setelah tindakan; d) Kemauan mengerjakan soal latihan mandiri dari sebelum tindakan 21,05% meningkat menjadi 68,42% setelah tindakan. Peningkatan motivasi belajar siswa sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa, pada penelitian ini prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang mendapatkan nilai &#x2265; 60 dari sebelum tindakan 47,37% meningkat menjadi 84,21% setelah tindakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.&#xD; </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9805/1/A410060071.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9805/2/A410060071.pdf</identifier><identifier> HERLINA , YURA (2010) IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. </identifier><relation>A410060071</relation><recordID>9805</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HERLINA , YURA
title IMPLEMENTASI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ( PTK Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/9805/1/A410060071.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9805/2/A410060071.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9805/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 38 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas XI IPA 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Ada peningkatan motivasi belajar melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga. Hal ini dilihat dari aspek a). Rasa ingin tahu terhadap materi pembelajaran melalui bertanya dari sebelum tindakan 5,26% meningkat menjadi 31,57% pada akhir tindakan; b). Rasa ingin tahu terhadap materi pembelajaran dengan mengemukakan ide atau pendapat dari sebelum tindakan 2,63% meningkat menjadi 15,79% pada akhir tindakan; c). Mengerjakan soal latihan di depan kelas atas dasar kemauan sendiri dari sebelum tindakan 7,89% meningkat menjadi 21,05% setelah tindakan; d) Kemauan mengerjakan soal latihan mandiri dari sebelum tindakan 21,05% meningkat menjadi 68,42% setelah tindakan. Peningkatan motivasi belajar siswa sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa, pada penelitian ini prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang mendapatkan nilai ≥ 60 dari sebelum tindakan 47,37% meningkat menjadi 84,21% setelah tindakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui strategi Lightening The Learning Climate dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
id IOS2728.9805
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:32Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:36Z
recordtype dc
_version_ 1765810549966241792
score 17.538404