PEMANFAATAN ALAT PERAGA KERTAS BERPETAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SERAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PTK di Kelas III SD Negeri Pranan II Polokarto Sukoharjo

Main Author: AYU WULANDARI , RETNO
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/9770/1/A410020107.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9770/4/A410020107.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9770/
ctrlnum 9770
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/9770/</relation><title>PEMANFAATAN ALAT PERAGA KERTAS BERPETAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SERAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA&#xD; PTK di Kelas III SD Negeri Pranan II Polokarto Sukoharjo</title><creator> AYU WULANDARI , RETNO</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini memanfaatkan alat peraga kertas berpetak sebagai upaya peningkatan daya serap siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SD N Pranan II Polokarto, Sukoharjo yang berjumlah 25 siswa, bata dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan review. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan daya serap siswa dalam pembelajaran matematika melalui pemanfaatan alat peraga kertas berpetak. Hal ini dapat dilihat dari : 1) tingkat keaktifan siswa meliputi: a) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal-soal latihan di depan kelas meningkat dari (12%) menjadi (60%), b) mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada guru meningkat dari (8%) menjadi 48%); 2) kreativitas siswa melakukan percobaan dalam pembelajaran matematika meningkat dari (0%) menjadi (88%); 3) daya serap siswa yaitu membuat kesimpulan materi pelajaran, mendefinisikan contoh dan non contoh meningkat dari (28%) menjadi (80%). Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebelum diadakan tindakan sebesar (28%), setelah diadakan tindakan meningkat menjadi (100%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan pemanfaatan alat peraga kertas berpetak sebagai upaya peningkatan daya serap siswa dalam pembelajaran matematika dapat meningkat sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. &#xD; </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9770/1/A410020107.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9770/4/A410020107.pdf</identifier><identifier> AYU WULANDARI , RETNO (2010) PEMANFAATAN ALAT PERAGA KERTAS BERPETAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SERAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PTK di Kelas III SD Negeri Pranan II Polokarto Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410020107</relation><recordID>9770</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author AYU WULANDARI , RETNO
title PEMANFAATAN ALAT PERAGA KERTAS BERPETAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SERAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PTK di Kelas III SD Negeri Pranan II Polokarto Sukoharjo
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/9770/1/A410020107.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9770/4/A410020107.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9770/
contents Tujuan penelitian ini memanfaatkan alat peraga kertas berpetak sebagai upaya peningkatan daya serap siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III SD N Pranan II Polokarto, Sukoharjo yang berjumlah 25 siswa, bata dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan review. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan daya serap siswa dalam pembelajaran matematika melalui pemanfaatan alat peraga kertas berpetak. Hal ini dapat dilihat dari : 1) tingkat keaktifan siswa meliputi: a) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal-soal latihan di depan kelas meningkat dari (12%) menjadi (60%), b) mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada guru meningkat dari (8%) menjadi 48%); 2) kreativitas siswa melakukan percobaan dalam pembelajaran matematika meningkat dari (0%) menjadi (88%); 3) daya serap siswa yaitu membuat kesimpulan materi pelajaran, mendefinisikan contoh dan non contoh meningkat dari (28%) menjadi (80%). Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebelum diadakan tindakan sebesar (28%), setelah diadakan tindakan meningkat menjadi (100%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan pemanfaatan alat peraga kertas berpetak sebagai upaya peningkatan daya serap siswa dalam pembelajaran matematika dapat meningkat sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
id IOS2728.9770
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:32Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:36Z
recordtype dc
_version_ 1765810549877112832
score 17.538404