PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Situs SMP 6 Blora)

Main Author: ASTARI, SRI WAHYU DINI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/9633/2/Q100080036.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9633/1/Q100080036.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9633/
ctrlnum 9633
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/9633/</relation><title>PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Situs SMP 6 Blora)</title><creator>ASTARI, SRI WAHYU DINI</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran IPS berbasis multimedia di SMP 6 Blora. (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis multimedia di SMP 6 Blora dan (3) untuk&#xD; mengidentifikasi evaluasi pembelajaran IPS berbasis multimedia di SMP 6 Blora. Penelitian ini dilakukan di SMP 6 Blora mulai awal Maret 2010 sampai dengan akhir Mei 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui (1) observasi, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Jenis penelitian ini memusatkan pada deskripsi data yang berupa kalimat-kalimat yang memiliki arti mendalam yang berasal dari informan dan perilaku yang diamati. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan yaitu (1) model analisis jalinan atau mengalir (flow&#xD; model of analysis) dan (2) model analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan (1) triangulasi sumber, (2) triangulasi teknik, dan (3) triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran IPS dilakukan oleh setiap guru IPS diawali dengan melakukan identifikasi mata pelajaran dan jumlah jam pelajaran. Berdasarkan identifikasi tersebut guru mengetahui permasalahan yang terkait dengan pelajaran yang akan direncanakan. Dengan mengidentifikasi permasalahan tersebut maka RPP IPS dapat disusun dengan mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak semua kompetensi dasar direncanakan dengan menggunakan pembelajaran multimedia. Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan multimedia disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan kemampuan guru, (2) di dalam pelaksanaan pembelajaran,&#xD; tidak semua guru menggunakan multimedia karena ada beberapa guru yang belum memiliki kemampuan dalam penggunaan multimedia sebagai alat bantu pembelajaran. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPS hanya sebatas pada pengoperasian CD pembelajaran IPS serta presentasi berbasis power point dan (3) evaluasi telah dilakukan oleh guru sebelum dan sesudah proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa. Evaluasi proses yang dilakukan oleh guru dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar siswa, sedangkan evaluasi hasil dilakukan dengan ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester yang bersifat menyeluruh untuk mengetahui hasil belajar. Evaluasi hasil belajar yang dilakukan oleh guru digunakan sebagai dasar kenaikan kelas.</description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9633/2/Q100080036.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9633/1/Q100080036.pdf</identifier><identifier> ASTARI, SRI WAHYU DINI (2010) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Situs SMP 6 Blora). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>Q100080036</relation><recordID>9633</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ASTARI, SRI WAHYU DINI
title PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Situs SMP 6 Blora)
publishDate 2010
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/9633/2/Q100080036.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9633/1/Q100080036.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9633/
contents Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran IPS berbasis multimedia di SMP 6 Blora. (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis multimedia di SMP 6 Blora dan (3) untuk mengidentifikasi evaluasi pembelajaran IPS berbasis multimedia di SMP 6 Blora. Penelitian ini dilakukan di SMP 6 Blora mulai awal Maret 2010 sampai dengan akhir Mei 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui (1) observasi, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Jenis penelitian ini memusatkan pada deskripsi data yang berupa kalimat-kalimat yang memiliki arti mendalam yang berasal dari informan dan perilaku yang diamati. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan yaitu (1) model analisis jalinan atau mengalir (flow model of analysis) dan (2) model analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan (1) triangulasi sumber, (2) triangulasi teknik, dan (3) triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran IPS dilakukan oleh setiap guru IPS diawali dengan melakukan identifikasi mata pelajaran dan jumlah jam pelajaran. Berdasarkan identifikasi tersebut guru mengetahui permasalahan yang terkait dengan pelajaran yang akan direncanakan. Dengan mengidentifikasi permasalahan tersebut maka RPP IPS dapat disusun dengan mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak semua kompetensi dasar direncanakan dengan menggunakan pembelajaran multimedia. Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan multimedia disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan kemampuan guru, (2) di dalam pelaksanaan pembelajaran, tidak semua guru menggunakan multimedia karena ada beberapa guru yang belum memiliki kemampuan dalam penggunaan multimedia sebagai alat bantu pembelajaran. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPS hanya sebatas pada pengoperasian CD pembelajaran IPS serta presentasi berbasis power point dan (3) evaluasi telah dilakukan oleh guru sebelum dan sesudah proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa. Evaluasi proses yang dilakukan oleh guru dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar siswa, sedangkan evaluasi hasil dilakukan dengan ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester yang bersifat menyeluruh untuk mengetahui hasil belajar. Evaluasi hasil belajar yang dilakukan oleh guru digunakan sebagai dasar kenaikan kelas.
id IOS2728.9633
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:28Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:32Z
recordtype dc
_version_ 1765810549173518336
score 17.538404