PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010

Main Author: ANDRIAN W, OKKY
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/9624/1/A210060142.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9624/2/A210060142.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9624/
ctrlnum 9624
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/9624/</relation><title>PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010 </title><creator> ANDRIAN W, OKKY</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan kesulitan &#x2013; kesulitan yang dialami dalam pembelajaran Ekonomi 2) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan prestasi belajar dalam pembelajaran Ekonomi 3) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan tipe belajar ( visual, auditori dan kinestetik ) dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi sebesar 180 siswa sehingga sampel yang digunakan 119 dan sampling yang di gunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda, uji t, uji F, R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 48,421 + 0,428X1 + 0,341X2, artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh tipologi belajar dan kesulitan belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam prestasi belajar antara tipologi belajar visual, auditori dan kinestetik. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel tipologi belajar sebesar 5,041, sehingga thitung &gt; ttabel atau 5,041 &gt; 1,981 (&#x3B1; = 0,05); 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam prestasi belajar ditinjau dari kesulitan belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kesulitan belajar sebesar 8,607, sehingga thitung &gt; ttabel atau 8,607 &gt; 1,981 (&#x3B1; = 0,05); 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tipologi belajar (visual, auditori dan kinestetik) dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung &gt; Ftabel atau 113,580 &gt; 3,074 (&#x3B1; = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,662, berarti 66,2 % prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel tipologi belajar dan kesulitan belajar; 5) Sumbangan efektif variabel tipologi belajar (X1) memberikan kontribusi sebesar 22,3% terhadap prestasi belajar ekonomi, sementara kesulitan belajar (X2) memberikan kontribusi sebesar 43,9% terhadap prestasi belajar ekonomi, atau X1 dan X2 memberikan kontribusi terhadap Y sebesar 66,2%, sementara 33,8% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti.&#xD; &#xD; </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9624/1/A210060142.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9624/2/A210060142.pdf</identifier><identifier> ANDRIAN W, OKKY (2010) PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>A210060142 </relation><recordID>9624</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ANDRIAN W, OKKY
title PENGARUH TIPOLOGI BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/2010
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/9624/1/A210060142.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9624/2/A210060142.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9624/
contents Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan kesulitan – kesulitan yang dialami dalam pembelajaran Ekonomi 2) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan prestasi belajar dalam pembelajaran Ekonomi 3) Untuk mendiskripsikan dan mengetahui perbedaan tipe belajar ( visual, auditori dan kinestetik ) dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi sebesar 180 siswa sehingga sampel yang digunakan 119 dan sampling yang di gunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda, uji t, uji F, R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 48,421 + 0,428X1 + 0,341X2, artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh tipologi belajar dan kesulitan belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam prestasi belajar antara tipologi belajar visual, auditori dan kinestetik. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel tipologi belajar sebesar 5,041, sehingga thitung > ttabel atau 5,041 > 1,981 (α = 0,05); 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam prestasi belajar ditinjau dari kesulitan belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kesulitan belajar sebesar 8,607, sehingga thitung > ttabel atau 8,607 > 1,981 (α = 0,05); 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tipologi belajar (visual, auditori dan kinestetik) dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 113,580 > 3,074 (α = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,662, berarti 66,2 % prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel tipologi belajar dan kesulitan belajar; 5) Sumbangan efektif variabel tipologi belajar (X1) memberikan kontribusi sebesar 22,3% terhadap prestasi belajar ekonomi, sementara kesulitan belajar (X2) memberikan kontribusi sebesar 43,9% terhadap prestasi belajar ekonomi, atau X1 dan X2 memberikan kontribusi terhadap Y sebesar 66,2%, sementara 33,8% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti.
id IOS2728.9624
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:28Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:32Z
recordtype dc
_version_ 1765810549138915328
score 17.538404