HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERBAHASA INGGRIS PADA SISWA SMA KELAS IMERSI
Main Author: | DARMAWAN, ARMAN |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/9218/1/F100030136.pdf http://eprints.ums.ac.id/9218/2/F100030136.pdf http://eprints.ums.ac.id/9218/ |
ctrlnum |
9218 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/9218/</relation><title>HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERBAHASA INGGRIS PADA SISWA SMA KELAS IMERSI</title><creator>DARMAWAN, ARMAN</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas komunikasi interpersonal dengan kepercayaaan diri dalam berbahasa inggris, untuk mengetahui tingkat tingkat intensitas komunikasi interpersonal siswa, dan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri dalam berbahasa inggris siswa.
Penelitian ini menggunakan skala intensitas komunikasi interpersonal dengan skala kepercayaan diri dalam berbahasa berbahasa inggris. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Surakarta. Dengan sampel siswa kelas X, XI IPA, dan XII IPA program imersi.
Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara intensitas komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri dalam berbahasa inggris.
Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh hasil r = 0,481 p = 0,000 (p<0,01) yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara intensitas komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri dalam berbahasa inggris. Hal ini berarti semakin sering intensitas komunikasi interpersonal maka kepercayaan diri dalam berbahasa inggris semakin tinggi, sebaliknya semakain jarang intensitas komuniksi interpersonal maka kepercayaan diri dalam berbahasa inggris semakin rendah. Berarti hipotesis yang diajukan diterima, intensitas komunikasi interpersonal dapat dijadikan prediktor untuk memprediksi kepercayaan diri dalam berbahasa inggris. Hasil penelitian menunjukkan subjek penelitian memiliki pada variabel intensitas komunikasi interpersonal, mean empirik (ME) = 99,266 dan mean hipotetik (MH) = 90., berdasarkan perhitungan dari hasil penelitian variabel kepercayaan diri dalam berbahasa inggris, mean empirik 107,250 dan mean hipotetik yang sebesar 92,5.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tingkat intensitas komunikasi interpersonal, tergolong sedang, berdasarkan data saat penelitian Mean empirik variabel intensitas komunikasi interpersonal 99,266 dan mean hipotetik yang sebesar 90. Tingkat kepercayaan diri dalam berbahasa inggris pada siswa tergolong tinggi, berdasarkan perhitungan dari hasil penelitian yaitu Mean empirik 107,250 dan mean hipotetik yang sebesar 92,5. Sumbangan efektif intensits komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri dalam berbahasa inggris sebesar 23,2% ditunjukkan dari koefisien determinan (r²) sebesar 0,232.

</description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9218/1/F100030136.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9218/2/F100030136.pdf</identifier><identifier> DARMAWAN, ARMAN (2010) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERBAHASA INGGRIS PADA SISWA SMA KELAS IMERSI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>F100030136</relation><recordID>9218</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
DARMAWAN, ARMAN |
title |
HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BERBAHASA INGGRIS PADA SISWA SMA KELAS IMERSI |
publishDate |
2010 |
topic |
BF Psychology |
url |
http://eprints.ums.ac.id/9218/1/F100030136.pdf http://eprints.ums.ac.id/9218/2/F100030136.pdf http://eprints.ums.ac.id/9218/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas komunikasi interpersonal dengan kepercayaaan diri dalam berbahasa inggris, untuk mengetahui tingkat tingkat intensitas komunikasi interpersonal siswa, dan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri dalam berbahasa inggris siswa.
Penelitian ini menggunakan skala intensitas komunikasi interpersonal dengan skala kepercayaan diri dalam berbahasa berbahasa inggris. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Surakarta. Dengan sampel siswa kelas X, XI IPA, dan XII IPA program imersi.
Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara intensitas komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri dalam berbahasa inggris.
Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment diperoleh hasil r = 0,481 p = 0,000 (p<0,01) yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara intensitas komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri dalam berbahasa inggris. Hal ini berarti semakin sering intensitas komunikasi interpersonal maka kepercayaan diri dalam berbahasa inggris semakin tinggi, sebaliknya semakain jarang intensitas komuniksi interpersonal maka kepercayaan diri dalam berbahasa inggris semakin rendah. Berarti hipotesis yang diajukan diterima, intensitas komunikasi interpersonal dapat dijadikan prediktor untuk memprediksi kepercayaan diri dalam berbahasa inggris. Hasil penelitian menunjukkan subjek penelitian memiliki pada variabel intensitas komunikasi interpersonal, mean empirik (ME) = 99,266 dan mean hipotetik (MH) = 90., berdasarkan perhitungan dari hasil penelitian variabel kepercayaan diri dalam berbahasa inggris, mean empirik 107,250 dan mean hipotetik yang sebesar 92,5.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tingkat intensitas komunikasi interpersonal, tergolong sedang, berdasarkan data saat penelitian Mean empirik variabel intensitas komunikasi interpersonal 99,266 dan mean hipotetik yang sebesar 90. Tingkat kepercayaan diri dalam berbahasa inggris pada siswa tergolong tinggi, berdasarkan perhitungan dari hasil penelitian yaitu Mean empirik 107,250 dan mean hipotetik yang sebesar 92,5. Sumbangan efektif intensits komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri dalam berbahasa inggris sebesar 23,2% ditunjukkan dari koefisien determinan (r2) sebesar 0,232.
|
id |
IOS2728.9218 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:36:20Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:36:24Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810546815270912 |
score |
17.538404 |