APLIKASI PETA BUDAYA INDONESIA

Main Author: Riwanto, Riwanto
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/9016/1/D400050069.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9016/2/D400050069.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9016/
ctrlnum 9016
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/9016/</relation><title>APLIKASI PETA BUDAYA INDONESIA</title><creator>Riwanto, Riwanto</creator><subject>QA75 Electronic computers. Computer science</subject><subject>QA76 Computer software</subject><description>Dampak dari kurangnya pengetahuan generasi muda kepada keanekaragaman budaya di Indonesia sering kali kurang diperhatikan pemerintah, salah satunya adalah kurang nya kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan tersebut. Hal ini menyebabkan kemungkinan - kemungkinan yang tidak diinginkan pun terjadi, seperti yang terjadi baru - baru ini, yaitu pengakuan bangsa lain terhadap beberapa kebudayaan milik tanah air tercinta ini.&#xD; Menghindri hal-hal tersebut perlu upaya untuk mengenalkan kembali keanekaragaman budaya Indonesia ini kepada masyarakat. Permasalahan yang sering terjadi dalam kasus seperti ini adalah, masyarakat umum khususnya generasi muda sering merasa bosan dan tidak tertarik pada buku-buku kebudayaan, ditambah lagi di dalam dunia elektronik seperti stasiun televisi nasional maupun swasta pun lebih mementingkan penayangan sinetron dan jarang menanyangkan program kebudayaan Indonesia. Salah satu cara pengenalan kebudayaan indonesia secara efektif adalah membuat program atau aplikasi tentang kebudayaan Indonesia yang dikemas secara sederhana dan menarik yang ditujukan kepada masyarakat khususnya generasi muda.&#xD; Pembuatan aplikasi ini melalui beberapa tahap yaitu referensi, penacarian data, perancangan, pembuatan dan pengujian. Aplikasi ini menyampaikan informasi-informasi tentang kebudayaan Indonesia pada setiap provinsi, tidak hanya sekedar informasi saja akan tetapi juga menampilkan gambar dan video disertai audio yang mendukung aplikasi ini. &#xD; Pengujian dengan menggunakan quesioner pada 28 mahasiswa sebagai pengguna menunjukkan bahwa aplikasi ini jauh lebih baik dan lebih disukai dari pada buku-buku kebudayaan yang beredar di pasaran. &#xD; &#xD; Kata kunci : Aplikasi, Dunia elektronik, Generasi muda, Indonesia.</description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9016/1/D400050069.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/9016/2/D400050069.pdf</identifier><identifier> Riwanto, Riwanto (2010) APLIKASI PETA BUDAYA INDONESIA. Tugas Akhir thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>D400050069</relation><recordID>9016</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Riwanto, Riwanto
title APLIKASI PETA BUDAYA INDONESIA
publishDate 2010
topic QA75 Electronic computers. Computer science
QA76 Computer software
url http://eprints.ums.ac.id/9016/1/D400050069.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9016/2/D400050069.pdf
http://eprints.ums.ac.id/9016/
contents Dampak dari kurangnya pengetahuan generasi muda kepada keanekaragaman budaya di Indonesia sering kali kurang diperhatikan pemerintah, salah satunya adalah kurang nya kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan tersebut. Hal ini menyebabkan kemungkinan - kemungkinan yang tidak diinginkan pun terjadi, seperti yang terjadi baru - baru ini, yaitu pengakuan bangsa lain terhadap beberapa kebudayaan milik tanah air tercinta ini. Menghindri hal-hal tersebut perlu upaya untuk mengenalkan kembali keanekaragaman budaya Indonesia ini kepada masyarakat. Permasalahan yang sering terjadi dalam kasus seperti ini adalah, masyarakat umum khususnya generasi muda sering merasa bosan dan tidak tertarik pada buku-buku kebudayaan, ditambah lagi di dalam dunia elektronik seperti stasiun televisi nasional maupun swasta pun lebih mementingkan penayangan sinetron dan jarang menanyangkan program kebudayaan Indonesia. Salah satu cara pengenalan kebudayaan indonesia secara efektif adalah membuat program atau aplikasi tentang kebudayaan Indonesia yang dikemas secara sederhana dan menarik yang ditujukan kepada masyarakat khususnya generasi muda. Pembuatan aplikasi ini melalui beberapa tahap yaitu referensi, penacarian data, perancangan, pembuatan dan pengujian. Aplikasi ini menyampaikan informasi-informasi tentang kebudayaan Indonesia pada setiap provinsi, tidak hanya sekedar informasi saja akan tetapi juga menampilkan gambar dan video disertai audio yang mendukung aplikasi ini. Pengujian dengan menggunakan quesioner pada 28 mahasiswa sebagai pengguna menunjukkan bahwa aplikasi ini jauh lebih baik dan lebih disukai dari pada buku-buku kebudayaan yang beredar di pasaran. Kata kunci : Aplikasi, Dunia elektronik, Generasi muda, Indonesia.
id IOS2728.9016
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:15Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:19Z
recordtype dc
_version_ 1765810545895669760
score 17.538404