OPTIMALISASI ALAT PERAGA NOTASI JAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Main Author: SUDARYANTI , SUDARYANTI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/8764/1/A510070533.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8764/2/A510070533.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8764/
ctrlnum 8764
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/8764/</relation><title>OPTIMALISASI ALAT PERAGA NOTASI JAM UNTUK MENINGKATKAN &#xD; MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH &#xD; DASAR NEGERI 04 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010 </title><creator>SUDARYANTI , SUDARYANTI </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) apakah penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010, (2) apakah penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga notasi jam terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto. (2) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto Tahun Pelajaran 2009/2010 melalui penggunaan alat peraga notasi jam. &#xD; Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 04 Kuto yang berjumlah 13 siswa dan guru kelas II. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data yang bersifat kualitatif. (1) Hasil penelitian yang diperoleh adalah : Penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010 yang ditunjukkan dari capaian nilai siswa yang mula-mula padai siklus I siswa yang aktif sebesar 48,71% .Pada siklus II 66,66% ( mengalami peningkatan sebesar 18,95% ). Pada siklus III aktivitas siswa sebesar 80,76% (mengalami peningkatan sebesar 14,23%). (2) Penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari peningkatan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika yang semula hanya 52,69% siswa.Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 65,38% (mengalami peningkatan sebesar 12,69% ).Pada siklus II hasil yang dicapai 75,38% ( mengalami peningkatan sebesar 10% ).Sedangkan pada siklus III hasil belajar yang dicapai menjadi 85,76% ( mengalami peningkatan sebesar 10,38% )&#xD; &#xD; </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/8764/1/A510070533.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/8764/2/A510070533.pdf</identifier><identifier> SUDARYANTI , SUDARYANTI (2010) OPTIMALISASI ALAT PERAGA NOTASI JAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>A510070533 </relation><recordID>8764</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SUDARYANTI , SUDARYANTI
title OPTIMALISASI ALAT PERAGA NOTASI JAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/8764/1/A510070533.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8764/2/A510070533.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8764/
contents Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) apakah penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010, (2) apakah penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga notasi jam terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto. (2) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto Tahun Pelajaran 2009/2010 melalui penggunaan alat peraga notasi jam. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 04 Kuto yang berjumlah 13 siswa dan guru kelas II. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data yang bersifat kualitatif. (1) Hasil penelitian yang diperoleh adalah : Penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010 yang ditunjukkan dari capaian nilai siswa yang mula-mula padai siklus I siswa yang aktif sebesar 48,71% .Pada siklus II 66,66% ( mengalami peningkatan sebesar 18,95% ). Pada siklus III aktivitas siswa sebesar 80,76% (mengalami peningkatan sebesar 14,23%). (2) Penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari peningkatan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika yang semula hanya 52,69% siswa.Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 65,38% (mengalami peningkatan sebesar 12,69% ).Pada siklus II hasil yang dicapai 75,38% ( mengalami peningkatan sebesar 10% ).Sedangkan pada siklus III hasil belajar yang dicapai menjadi 85,76% ( mengalami peningkatan sebesar 10,38% )
id IOS2728.8764
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:15Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:15Z
recordtype dc
_version_ 1765810545493016576
score 17.538404