PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN METODE JIGSAW DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BATURETNO (TAHUN AJARAN 2009/2010)
Main Author: | RUDIANSIH , DWI ANJAR ELY |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/8683/1/A210060119.pdf http://eprints.ums.ac.id/8683/2/A210060119.pdf http://eprints.ums.ac.id/8683/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan metode jigsaw terhadap prestasi belajar siswa. 2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan metode jigsaw dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Baturetno. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturetno dengan populasi seluruhnya 144 siswa. Sampel diambil sebanyak 72 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang positif persepsi tentang penggunaan metode jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturetno (tahun ajaran 2009/2010). Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,261 > 1,995 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh positif keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturetno (tahun ajaran 2009/2010). Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,399 > 1,995 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh positif antara persepsi tentang penggunaan metode jigsaw dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturetno (tahun ajaran 2009/2010). Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 27,875 > 3,130 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel persepsi tentang penggunaan metode jigsaw memberikan sumbangan relatif sebesar 39,9% dan sumbangan efektif 17,8%. Variabel keaktifan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 60,1% dan sumbangan efektif 26,9%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel keaktifan belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel persepsi tentang penggunaan metode jigsaw.