PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SMP N 4 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Main Author: HARIYANTO , WATIK
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/8517/1/A420050011.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8517/2/A420050011.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8517/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Biologi diarahkan pada kegiatan yang dapat mendorong siswa belajar secara aktif sehingga dapat memahami konsep dengan baik. Karena itu pembelajaran biologi hendaknya menggunakan metode yang dapat membuat siswa banyak beraktivitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pemanfaatan lingkungan sekolah pada siswa kelas VIIB semester I SMP N 4 Klaten Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah dan diakhiri dengan post tes pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasai dan tes. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai siklus I {ranah kognitif: 63,33 atau meningkat sebesar 4,91 dari nilai awal; ranah afektif: 35,91 (termasuk kategori cukup berminat)}. Rata-rata nilai siklus II {ranah kognitif: 69,30 atau meningkat sebesar 5,97 dari nilai siklus I; ranah afektif: 38,27 (termasuk kategori cukup berminat)}. Rata-rata nilai siklus III {ranah kognitif: 78,77 atau meningkat sebesar 9,47 dari siklus II; ranah afektif: 41,75 (termasuk kategori berminat)}. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ciri-ciri makhluk hidup untuk siswa kelas VIIB SMP N 4 Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010.