PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGDOWO KLATEN TAHUN AJARAN 2009/2010
Main Author: | TRIASTUTI , FARIDA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/8471/1/A310060166.pdf http://eprints.ums.ac.id/8471/2/A310060166.pdf http://eprints.ums.ac.id/8471/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis paragraf narasi siswa kelas X A SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten dengan teknik reka cerita gambar, (2) meningkatkan kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas X A SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten dengan teknik reka cerita gambar. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X A SMA Negeri 1 Karangdowo dan objeknya adalah proses belajar-mengajar, khususnya pembelajaran menulis paragraf narasi dan hasilnya di kelas X A. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus. Penelitian ini terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) evaluasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: Pertama, penerapan teknik reka cerita gambar dapat meningkatkan pembelajaran menulis. Hal ini ditandai dengan persentase keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf narasi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif 64% sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 78%. Kedua, penerapan teknik reka cerita gambar dapat meningkatakan kemampuan siswa dalam menulis paragraf narasi. Hal ini ditandai dengan rata-rata nilai hasil tulisan siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai hasil tulisan siswa 64,78 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai hasil tulisan siswa mengalami peningkatan menjadi 72,19. Ketiga, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa waktu pretes 42% atau 15 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar (memperoleh nilai 66 ke atas). Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 61% atau 22 siswa kemudian pada siklus II menjadi 89% atau 32 siswa yang mencapai batas ketuntasan.