PENINGKATAN BERBAHASA INDONESIA DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN YANG DIMULAI DENGAN PERTANYAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PENGKOK 1 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Main Author: | ADIMINOTO , HERU |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/8453/1/A310060107.pdf http://eprints.ums.ac.id/8453/2/A310060107.pdf http://eprints.ums.ac.id/8453/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan Pembelajaran yang Dimulai dengan Pertanyaan pada siswa kelas V SD Negeri Pengkok 1 Kedawung Sragen; (2) mengidentifikasi peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dengan Pembelajaran yang Dimulai dengan Pertanyaan pada siswa kelas V SD Negeri Pengkok 1 Kedawung Sragen. Penelitian ini menggunakan bentuk dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Pengkok 1 Kedawung Sragen. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan tes. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu data dianalisis sejak tindakan akan dilaksanakan, selama proses pembelajaran dan setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya antusias siswa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan Pembelajaran yang Dimulai dengan Pertanyaan. Antusias siswa terlihat adanya peningkatan pada keaktifan dan peningkatan hasil belajar siswa. Keaktifan siswa meliputi keaktifan membaca dan menyusun pertanyaan, menyampaikan gagasan, dan menjawab pertanyaan dari guru. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas yang sebelum tindakan didapat nilai rata-rata 6,26 dan nilai rata-rata siklus I meningkat menjadi 6,52, nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,52, dan siklus III meningkat menjadi 8,40. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Pembelajaran yang Dimulai dengan Pertanyaan dapat menumbuhkan keaktivan sehingga meningkatkan hasil belajar siswa