PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 3 GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2009/2010
Main Author: | SUKOCO , FAJAR HADI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/8423/1/A310050106.pdf http://eprints.ums.ac.id/8423/2/A310050106.pdf http://eprints.ums.ac.id/8423/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengangkat masalah mengenai peningkatan kemampuan menulis puisi dan peningkatan keaktifan bertanya dan menjawab dengan media gambar pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Geyer. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kemampuan menulis puisi dengan penerapan media gambar pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Geyer dan mendiskripsikan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan media gambar pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Geyer. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sasaran tindakan kemampuan dan keaktifan siswa dalam menulis puisi pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Geyer yang berjumlah 40 siswa. Data penelitian ini berupa tindakan yang dilakukan guru dan peristiwa, kata-kata yang dihasilkan siswa. Sumber data berupa tempat dan peristiwa, objek yang diteliti yaitu guru dan siswa, dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber yaitu untuk mengecek kembali informasi yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis yang mengungkapkan kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi dan keaktifan siswa adalah (1) proses pembelajaran yang dilakukan sebelum penerapan media gambar keaktifan siswa mencapai 42,5% dan siswa yang mencapai ketuntasan hanya 6 siswa dengan KKM 75, (2) Pembelajaran yang dilakukan pada siklus I keaktifan siswa sudah mengalami peningkatan, namun masih kurang maksimal yaitu sebesar 47,5% pada siklus ini 17 siswa yang mencapai ketuntasan dan 23 siswa belum mencapai KKM 75,(3) Siklus II yang dilakukan untuk memaksimalkan kemampuan menulis puisi siswa yaitu keaktifan mencapai 72,5% dan siswa yang mencapai ketuntasan minimal menjadi 37 dengan KKM 75. Dengan demikian, peningkatan kemampuan menulis puisi menggunakan media gambar pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Geyer dapat dikatakan berhasil, hal ini terbukti adanya peningkatan kemampuan menulis puisi siswa di setiap siklusnya dengan pencapaian nilai sesuai KKM yang telah ditentukan.