PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CIRC (COOPERA TIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta)

Main Author: FITRIANA, SINTA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/8406/1/A410060258.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8406/2/A410060258.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8406/
ctrlnum 8406
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/8406/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CIRC (COOPERA TIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta) </title><creator> FITRIANA, SINTA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) peningkatan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, (2) peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan segiempat dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran cooperatif tipe CIRC. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) mampu dalam mengkonstrusikan soal cerita ke dalam model matematika sebelum tindakan sebesar 60,71%, dan di akhir tindakan mencapai 92,85%, 2) tepat dalam menggunakan rumus sebelum tindakan sebesar 28,57 % dan di akhir tindakan mencapai 92,85%, 3) tepat dalam proses perhitungan untuk mencari jawaban sebelum tindakan sebesar 14,28% dan di akhir tindakan mencapai 82,14%, serta 4) tepat dalam menginterpretasikan hasil jawaban ke masalah nyata sebelum tindakan sebesar 10,71% dan di akhir tindakan mencapai 60,71%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari banyak siswa yang mencapai KKM &#x2265; 55 sebelum tindakan sebesar 10,71% dan di akhir tindakan mencapai 92,85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.</description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/8406/1/A410060258.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/8406/2/A410060258.pdf</identifier><identifier> FITRIANA, SINTA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CIRC (COOPERA TIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>A410060258</relation><recordID>8406</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author FITRIANA, SINTA
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CIRC (COOPERA TIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta)
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/8406/1/A410060258.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8406/2/A410060258.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8406/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) peningkatan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, (2) peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan segiempat dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran cooperatif tipe CIRC. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) mampu dalam mengkonstrusikan soal cerita ke dalam model matematika sebelum tindakan sebesar 60,71%, dan di akhir tindakan mencapai 92,85%, 2) tepat dalam menggunakan rumus sebelum tindakan sebesar 28,57 % dan di akhir tindakan mencapai 92,85%, 3) tepat dalam proses perhitungan untuk mencari jawaban sebelum tindakan sebesar 14,28% dan di akhir tindakan mencapai 82,14%, serta 4) tepat dalam menginterpretasikan hasil jawaban ke masalah nyata sebelum tindakan sebesar 10,71% dan di akhir tindakan mencapai 60,71%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari banyak siswa yang mencapai KKM ≥ 55 sebelum tindakan sebesar 10,71% dan di akhir tindakan mencapai 92,85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
id IOS2728.8406
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:11Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:13Z
recordtype dc
_version_ 1765810543552102400
score 17.538404