PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 4 Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010)
Main Author: | SUSANTI, ROFI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/8390/1/A410060209.pdf http://eprints.ums.ac.id/8390/2/A410060209.pdf http://eprints.ums.ac.id/8390/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Karanganyar. Sampel diambil 80 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu 42 siswa untuk kelas eksperimen dan 38 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan analisis data menggunakan anava dua jalur dengan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan dengan uji Scheffe. Dari hasil analisis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle dan metode konvensional terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 20,162, (2) ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 34,177, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 0,087.